SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tanggapan Siswa Kelas X Tentang Media Android Pada Mata Pelajaran Dasar Pola Program Keahlian Busana Butik di SMKN 1 Turen

Ayu Vanydia Meyrisa

Abstrak


Pembelajaran dasar pola di SMKN 1 Turen dilakukan secara konvensional dengan menggunakan papan tulis, sehingga membuat pembelajaran kurang efektif karena masih banyak siswa yang sering tertinggal saat guru sedang menjelaskan langkah-langkah pembuatan pola dan membuat guru mengulang kembali materi materi tentang dasar pola, oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dan efektif. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Media android. Media android adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang terdapat pada Smartphone,Ipad atau Tablet  dengan menggunakan sistem operasi android. Media android telah banyak dikembangkan, salah satunya adalah aplikasi pembelajaran tata busana yang dikembangkan oleh Uswatun Hasanah, S.Kom. Media tersebut dibuat dengan tujuan untuk menghindari kendala ruang dan waktu serta membuat pembelajaran lebih flexibel. Menindak lanjuti hasil pengembangan media tersebut peneliti ingin mengetahui tanggapan siswa tentang penggunaan media android pada mata pelajaran dasar pola.

Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan siswa kelas X  tentang media android pada mata pelajaran dasar pola program keahlian busana butik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Populasi penelitian ini adalah siswa program keahlian busana butik angkatan 2016/2017 yang sedang menempuh mata pelajaran dasar pola di SMKN 1 Turen. Uji coba angket menggunakan siswa kelas XI program keahlian busana butik yang sudah menempuh mata pelajaran dasar pola berjumlah 15 siswa.

Hasil penelitian tanggapan siswa tentang media android pada mata pelajaran dasar pola program keahlian busana butik menunjukkan bahwa responden menilai media android yaitu aplikasi pembelajaran tata busana adalah media yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut karena responden menilai media android mempunyai kinerja yang baik sebagai media pembelajaran selain itu mempunyai kelengkapan yang baik dengan adanya fitur kalkulator dan fitur materi, dan media android mempunyai tampilan yang menarik, sesuai dengan tujuan dan materi yang di ajarkan serta mempunyai kualitas sebagai media pembelajaran yang baik.

Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu pada fitur kalkulator diperlukan penjelasan langkah-langkah yang jelas tentang pembuatan pola dasar busana, karena kurangnya penjelasan tentang pembuatan pola tersebut membuat beberapa siswa kesulitan dalam memahami dan  menggunakan aplikasi pembelajaran tata busana dan menambahkan sistem Soen pada fitur kalkulator. Karena sama dengan yang diajarkan di dalam kelas Pada fitur materi terdapat macam-macam lengan, macam-macam lingkar leher, cara memindahkan lipit dan cara mengukur tubuh, sehingga perlu ditambahakan materi-materi tentang pembuatan pola misalnya materi macam-macam rok dan grading busana. Aplikasi pembelajaran tata busana belum di implementasikan untuk mengetahui hasil pembuatan pola menggunakan aplikasi tersebut, oleh karenanya disarankan melakukan pengujian untuk mengetahui hasil implementasi aplikasi pembelajaran tata busana dalam membuat pola dasar busana