SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Daster Bordir Marsalia Malang

Dita . Irmawati

Abstrak


ABSTRAK

Dita Irmawati. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Daster Bordir Marsalia Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd. (2) Dra. Esin Sintawati, M.Pd.

Kata Kunci: Atribut produk, keputusan pembelian konsumen, daster bordir

Produk kerajinan yang beragam mendorong produsen untuk memiliki nilai kreatifitas dan inovatif yang tinggi. Oleh karena itu, atribut produk dapat digunakan untuk mendukung produk yang dapat dijadikan pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan atribut produk (harga, merek, kemasan, desain) terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen daster bordir Marsalia Malang. Metode yang digunakan untuk menentukan responden adalah metode probability sampling dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 51 responden.  Skala pengukuran instrumen yang digunakan adalah skala guttman.  Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang koefisien b1 yang diperoleh bernilai positif 0,751dan sig. 0,000. Kedua, merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang koefisien b2 yang diperoleh bernilai positif 0,514dan sig. 0,005. Ketiga, kemasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang koefisien b3 yang diperoleh bernilai positif 0,684dan sig. 0,010. Keempat, desain berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang koefisien b4 yang diperoleh bernilai positif 0,452dan sig. 0,007. Terdapat pengaruh secara simultan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang (Fhitung  49,319 dan sig 0,000).

Atribut produk memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen daster bordir Marsalia Malang. Oleh karena itu, bagi pelaku usaha atribut produk penting untuk meningkatkan minat beli konsumen yang dapat membentuk sikap loyal pada produk tersebut. Bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, selain atribut produk harga, merek, kemasan, dan desain. Sehingga dapat menjadi temuan-temuan baru dibidang fashion marketing.