SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Membuat Piyama di Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Dharma Wanita Gresik

Rizki Mustiko

Abstrak


Pembelajaran tutor sebaya adalah proses kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, dalam hal ini siswa belajar dari seorang tutor yang memiliki kepandaian lebih diantara siswa yang lain dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi yang telah disampaikan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Mata pelajaran membuat piyama merupakan pelajaran yang berkaitan dengan membuat desain busana pria, membuat ukuran badan pria, membuat pola, merancang bahan, memotong bahan, menjahit busana pria dan finishing. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya belum dituangkan ke dalam RPP, pemahaman siswa dalam menyerap materi masih kurang, motivasi dan keaktifan siswa masih kurang, dan nilai siswa dalam kegiatan praktek pembuatan piyama masih ada yang di bawah standar KKM.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran membuat piyama di kelas XI jurusan busana butik SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa manusia yaitu peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua jurusan, guru mata pelajaran membuat busana pria, siswa kelas XI jurusan busana butik, foto, serta dokumen yang berupa buku, jurnal penelitian, dan dokumen resmi sekolah seperti profil SMK, silabus, RPP, rekapitulasi nilai, dan daftar nama siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanan pada pembelajaran tutor sebaya dalam mata pelajaran membuat piyama masih belum sesuai antara silabus dan RPP, (2) pelaksanaan pada pembelajaran tutor sebaya di kelas XI busana butik yakni tutor selalu memberikan bimbingan dan bantuan terhadap 3 siswa yang dibimbing yang belum memahami materi membuat piyama sehingga nilai siswa menjadi meningkat di atas standar KKM yang telah ditentukan yaitu angka 8, dan (3) evaluasi pada pembelajaran tutor sebaya yakni guru melakukan penilaian jika semua siswa mengikuti mata pelajaran membuat piyama, guru melakukan remidial berarti nilai siswa masih dinyatakan belum tuntas dalam mata pelajaran membuat piyama di bawah standar KKM 80, dan guru melakukan pengayaan berarti nilai siswa sudah dinyatakan tuntas dalam mata pelajaran membuat piyama di atas standar KKM 80.