SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survey Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Praktik Membuat Blouse Pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita Kelas X Busana Butik 2 di SMK Negeri 1 Batu

Rachmatya Martha Baftiri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Membuat Busana Wanita merupakan salah satu mata pelajaran produktif dengan kode kompetensi BS3 dan diberikan pada kelas X Busana Butik di SMK Negeri 1 Batu. Pada observasi awal yang dilakukan peneliti setelah menyelesaikan kegiatan PPL II, peneliti mendapatkan temuan data berupa 14 siswa yang masih memiliki hasil belajar di bawah standar pada praktikum membuat blouse dan dinyatakan sebesar 51,8% dari jumlah total 27 siswa, dimana standar KKM pada mata pelajaran produktif adalah 75.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada praktik membuat blouse/membuat busana wanita di kelas x busana butik 2 di SMK Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pengajar mata pelajaran membuat busana wanita, 14 siswa yang memiliki hasil belajar di bawah standar, serta dokumen yang menunjang penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan triangulasi dilakukan untuk pengecekan keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data, menyajikan, dan memberikan kesimpulan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian “Survey Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Praktik Membuat Blouse pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita Kelas X Busana Butik 2 di SMK Negeri 1 Batu” yaitu;(1) faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa berada di bawah standar antara lain; kecerdasan, bakat, motivasi, minat, perhatian; (2) faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa berada di bawah standar antara lain; faktor sekolah dan lingkungan keluarga.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada saat kegiatan pembelajaran praktikum membuat blouseterdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga 14 siswa mendapatkan hasil belajar di bawah standar. Faktor-faktor tersebut adalah kecerdasan, bakat, minat, perhatian, motivasi, lingkungan keluarga dan faktor sekolah. Saran yang dapat peneliti berikan adalah: (1) guru diharapkan dapat meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran produktif, (2) guru diharapkan dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar pada siswa agar tertarik pada kegiatan pembelajaran produktif, (3) menambah jam konsultasidengan siswa, sehingga semua siswa dapat menyampaikan segala kesulitan yang dialami selama kegiatan pembelajaran; (4) guru diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kelas sehingga siswa tidak segan pada waktu berkonsultasidengan guru, (5) orang tua diharapkan dapat mengontrol kegiatan belajar putra/putrinya di rumah, (6) orang tua diharapkan dapat  menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, (7) orang tua diharapkan dapat memenuhi fasilitas belajar siswa di rumah, (8) diharapkan orang tua memberikan kesempatan kepada putra/putrinya untuk belajar atau mengerjakan tugas sekolah di rumah, (9) siswa diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi dalam kegiatan pembelajaran produktif, (10) siswa diharapkan dapat meningkatkan perhatian pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru; (11) siswa diharapkan untuk selalu berkonsultasidengan guru jika ada hal yang belum dipahami pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, (12) sekolah diharapkan memberikan penjelasan atau wawasan tentang program studi yang ada, sehingga calon siswa baru dapat memahami dengan baik dan dapat memilih program studi sesuaidengan bakat dan minat; (13) membagikan brosur kepada sekolah menengah pertama (SMP) sebagai upaya pengenalan sekolah kepada calon siswa baru, (14) memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di sekolah sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.