SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Matakuliah Manajemen Usaha Boga (MUB) Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa D III Tata Boga Universiatas Negeri Malang

Ni Ketut Hariastuti

Abstrak


ABSTRAK

Hariastuti, Ni Ketut. 2008. Pengaruh Matakuliah Manajemen Usaha

Boga (MUB) Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa D III Tata Boga Universiatas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)

Dra Teti Setiawati, M. Pd. (II) Dra. Titi Mutiara K, M.P.

 

Kata Kunci: manajemen usaha boga, motivasi, wirausaha.

 

Penelitian ini dilakukan, sebagai tolok ukur keberhasilan pelaksanaan praktik MUB dalam memotivasi mahasiswa Tata Boga untuk berwirausaha bidang boga. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan ex- post facto. Variabel penelitian ini terdiri dari: matakuliah MUB dan motivasi berwirausaha boga. Matakuliah MUB disebut variabel X sebagai variabel bebas yang terdiri dari sub-sub komponen yaitu: MUB kafé/restoran (X1), MUB katering (X2), dan MUB makanan industri (X3), serta motivasi berwirausaha boga  disebut variabel Y sebagai  variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa D III Tata Boga angkatan 2005 yang telah lulus matakuliah MUB kafe/restoran, MUB katering, dan MUB makanan industri. Jumlah mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian adalah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dan analisis regresi yaitu regresi ganda (multiple Regression).

Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) matakuliah MUB kafe/restoran mempunyai kontribusi  yang signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Tata Boga, diketahui pula matakuliah MUB kafe/restoran memberikan variasi sebesar 43,8% terhadap perubahan motivasi berwirausaha mahasiswa D III Tata Boga, (2) matakuliah MUB katering mempunyai kontribusi  yang signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Tata Boga, diketahui pula matakuliah MUB katering memberikan variasi sebesar 49,0% terhadap perubahan motivasi berwirausaha mahasiswa D III Tata Boga, (3) matakuliah MUB makanan industri mempunyai kontribusi  yang signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Tata Boga, diketahui pula matakuliah MUB makanan industri memberikan variasi sebesar 42,2% terhadap perubahan motivasi berwirausaha mahasiswa D III Tata Boga, dan (4) matakuliah MUB kafe/restoran, matakuliah MUB katering dan matakuliah MUB makanan industri secara bersama-sama mempunyai kontribusi  yang signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa Tata Boga. Secara bersama-sama ketiga matakuliah MUB memberikan variasi sebesar 69,4% terhadap perubahan motivasi berwirausaha mahasiswa D III Tata Boga, dengan sumbangan efektif masing-masing yaitu: sebesar 22,44% untuk matakuliah MUB kafe/restoran, sebesar 25,69% untuk MUB katering, dan sebesar 21,26% untuk matakuliah MUB makanan industri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara matakuliah manajemen usaha boga (MUB) dan motivasi berwirausaha mahasiswa D III Tata boga Universitas Negeri Malang.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF