SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapan Siswa SMK Negeri 3 Malang dalam Menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK)

Hafrida - Noor

Abstrak


ABSTRAK

Noor, Hafrida. 2014. Kesiapan Siswa SMK Negeri 3 Malang Dalam Menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK). Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Idah Hadijah, Mpd (2) Dra. Esin Sintawati, Mpd.

 

Kata Kunci: Kesiapan Siswa, Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK)

Kesiapan adalah keseluruhankondisiseseorang yang membuatnyasiapuntukmemberirespon/ jawabandengancaratertentuterhadapsuatusituasi yang harusdicapaiolehsiswauntukdapatmenerimasuatupelajaranbaru, mencakupkesiapanataspenguasaanketerampilan-keterampilan yang lebihsederhanasebagaisyaratawal agar dapatmencapaitingkatan/ keterampilan yang lebihtinggi. sehingga dalam menghadapi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), siswa SMK Negeri 3 Malang perlu memiliki kesiapan berdasarkan kesiapan mental, kesiapan fisik, dan kesiapan materi (pengetahuan dan keterampilan siswa).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mental siswa kls XII dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan bidang keahlian Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang tahun ajaran 2013/2014.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMKNegeri 3 Malang dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Tata Busana dengan jumlah populasi  90 siswa. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif  dengan persentase.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesiapan siswa SMKNegeri 3 Malang tahun ajaran 2013/2014 dalam menghadapi uji kompetensi kejuruan (UKK) sebagai berikut: (1) kesiapan mental siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 55% dinyatakan siswa siap dalam menghadapi UKK. (2) kesiapan fisik siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 55% dinyatakan siswa siapn dalam menghadapi UKK. (3) kesiapan materi (pengetahuan dan keterampilan) siswa dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan sejumlah 57% diyatakan siswa siap dalam menghadapi UKK. (4) kesiapan siswa secara keseluruhan dalam menghadapi ujian kompetensi kejuruan (UKK) sejumlah 53% diyatakan siap dalam menghadapi UKK.

Saran yang terkait dengan kesimpulan (1) Sebagian besar siswa siap dalam menghadapi UKK, siswa harus mempersiapkan semua kondisi semaksimal mungkin untuk pelaksanaan uji kompetensi kejuruan agar berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam menghadapi uji kompetensi kejuruan sehingga akan memberi kesiapan mental yang optimal.  (2) Bagi lembaga diharapkan lebih meningkatkan pembelajaran yang intensif lagi, tanpa ada kesiapan hasil belajar siswa tidak akan baik. namun, jika siswa sudah siap maka hasil belajar akan lebih baik.