SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBUATAN POLA KEMEJA UNTUK KELAS XI JURUSAN BUSANA BUTIK SMK NEGERI I POGALAN TRENGGALEK

Susan Windi Arini

Abstrak


ABSTRAK

 

Arini, Susan Windi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada  Pembuatan Pola Kemeja untuk Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri I Pogalan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur  Endah Purwaningsih, M. Pd, (II) Anik Dwiastuti, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembuatan Pola Kemeja

Media pembelajaran pada materi pembuatan pola yang tersedia saat ini bersifat konvensional dalam bentuk media cetak sehingga siswa cenderung pasif dan membosankan . Materi ini dirasa sulit untuk siswa kelas XI jurusan Busana Butik di SMK Negeri I Pogalan karena nilai ulangan harian siswa yang mengikuti materi pembuatan pola kemeja adalah 28% dengan nilai 70 – 75, 50% dengan nilai 76 – 80, 12% dengan nilai 81 – 85%, 10% dengan nilai 86 - 88. Oleh karena itu, perlu dikembangkan jenis media pembelajaran yang lain yaitu dalam bentuk macromedia flash. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran pembuatan busana pria dengan standar kompetensi pola kemeja untuk siswa kelas XI SMK Negeri I Pogalan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitianpengembangan, yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan Dick&Carey dan terdiri dari 10 prosedur yaitu (1) Identifying an Instruction Goal, (2) Conducting Instructional Analysis, (3) Identifying Entry Behaviors Characteristic, (4) Writing Performance Objectives, (5) Develop Criterion Refenced Test Items, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop and Select Instructional Materials, (8) Desgnin and Conduct Formative Evaluation, (9) Revise Instruction, (10) Design and Summative Evaluation.

Model pengembangan Dick & Carey akan selesai diteliti sampai tahap sembilan karena pelaksanaan langkah ke sepuluh merupakan langkah yang biasanya dilaksanakan tanpa melibatkan peneliti.Validasi produk dilakukan dengan penilaian ahli media dan ahli materi. Uji kelompok kecil dilakukan kepada siswa kelas XI Jurusan Busana Butik di SMK Negeri I Pogalan dan diamati oleh observer dalam pelaksanaan penggunaan media pembelajaran macromedia flash.. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa prosentase, dan data kualitatif berupa tanggapan yang berisi komentar maupun saran, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif.

Hasil validasi media pembelajaran dari ahli media adalah 95% (sangat layak), hasil validasi media pembelajaran dari ahli materi adalah 82% (layak). Berdasarkan hasil dari validasi dari ahli media dan validasi dari ahli materi, produk media pembelajaran pada materi pola kemeja ini tidak perlu revisi tetapi peneliti melaksanakan revisi sesuai dengan saran dari ahli media dan ahli materi. Produk media pembelajaran pada materi pola kemeja, setelah direvisi kemudian di uji cobakan pada kelompok kecil. Hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil adalah 84% (layak).  Hasil pelaksanaan pengunaan media pembelajaran macromedia flash  adalah 88% (sangat layak).

Kelebihan media pembelajaran ini adalah: (a) Siswa dapat belajar materi pembuatan pola kemeja menggunakan media ini sesuai kebutuhan siswa (kapan saja), dimana saja, dan dapat diputar berulang – ulang selama ada komputer, (b) Media pembelajaran macromedia flash ini selain digunakan oleh siswa SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, juga dapat dipelajari oleh siswa yang tidak sekolah di  SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, pengusaha pembuatan busana pria dan masyarakat yang ingin mempelajari pembuatan pola kemeja. Kekurangan media pembelajaran ini adalah :(a) Materi pembuatan pola yang dikembangkan terbatas hanya materi pembuatan pola kemeja, (b) Langkah pengembangan media ini hanya sampai pada tahap uji coba kelompok kecil, dalam model pengembangan Dick & Carey.

 

ABSTRACT

 

Arini, Susan Windi. 2013.The Development Of  Macromedia Flash Learning Media On Shirt Pattern Making To Elevent Class Dressmaking Department SMKN I Pogalan Trenggalek. Mini Thesis, Industrial Technology Department, Faculty Of Techniques, State University Of Malang. Advisors:  (I) Dra. Nur  Endah Purwaningsih, M. Pd, (II) Anik Dwiastuti, S.T., M.T.

 

 Keywords: Development, Learning Media, Shirt Pattern Making

The learning media on shirt pattern making material now a days was in the conventional form of  of printed material which was generally used passively and boring. This s material difficult sense to elevent class dressmaking department SMKN I Pogalan Trenggalek student because student test value to follow pattern making shirt subject is 28% to value 70 – 75, 50% to value 76 – 80, 12% to value 81 – 85%, 10% to value 86 – 88. So, can development other the learning media of macromedia flash shape. The aim of the development research was to create a learning media using macromedia flash on man clothes making lesson with standard competence shirt pattern to elevent class dressmaking department SMKN I Pogalan Trenggalek student.

 The method applied in this research was development research by using a development research method, was adapted by a development research model Dick&Carey and consisted of 10 procedures: (1) Identifying an Instruction Goal, (2) Conducting Instructional Analysis, (3) Identifying Entry Behaviors Characteristic, (4) Writing Performance Objectives, (5) Develop Criterion Refenced Test Items, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop and Select Instructional Materials, (8) Desgnin and Conduct Formative Evaluation, (9) Revise Instruction, (10) Design and Summative Evaluation.

A development model Dick & Carey will finish carefully until nine procedure because do of ten procedure is usually do not present carefullier. The product validation was conducted by the help of media experts and material experts. The small group try out was conducted to elevent class dressmaking department SMKN I Pogalan Trenggalek student and observed by observer in do use macromedia flash the learning media. The data obtained in the research were quantitative data in the form of percentage, and the qualitative data in the form of descriptive data analysis.

 According to the result of the learning media validation the media is 95% (very good), According to the result of the learning media validation the material is 82% (good). According to the result from media and material validation, it could be concluded that the product of the learning media on the shirt pattern making material in the form of macromedia flash should be not revised but do revised suitable suggestion from media and material. The learning media on shirt pattern making, based on the try out result of the small group. Value to the try out result of the small group is 84%(good). According to the result of the do use of  macromedia flash learning media is 88% (very good).

The advantages of the learning media were: (a) student could be accessed anytime, as long as, there was a computer/ laptop with internet connection, (b) the macromedia flash the learning media could be used for the school SMK N I Pogalan Trenggalek student an no school SMKN I Pogalan Trenggalek student, man clothes making undertaker and society to long for study shirt pattern making. The disadvantages of the learning media were:(a) a development pattern making material only shirt pattern making , (b) a development procedure media only until try the small group procedure, on development Dick & Carey model.