SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pengelolaan Event Karnaval Pada Jember Fashion Carnaval (JFC)

Vita Prastiana

Abstrak


ABSTRAK

Prastiana, Vita. 2012. Studi Tentang Pengelolaan Event Karnaval Pada Jember Fashion Carnaval (JFC). Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Program Studi Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini, M.Pd, (II) Agus Sunandar, S.Pd, M.Sn.

 

Kata kunci: pengelolaan, event, jember fashion carnaval (jfc)

Jember Fashion Carnaval merupakan fashion carnaval pertama di Indonesia yang diselenggarakan di kota Jember. Tema yang digunakan oleh JFC setiap tahunnya selalu berbeda-beda dengan melihat perkembangan yang terjadi pada saat tema dibuat, para peserta JFC diberi berbagai pelatihan tanpa dipungut biaya kecuali untuk mendanai sendiri kostum yang dipakai pada saat showtime, pembuatan kostum tidak hanya menggunakan bahan baru tapi juga dapat memanfaatkan bahan bekas yang dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga menjadi barang yang bermanfaat dan indah.

Fokus penelitian meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan JFC, mendeskripsikan pengorganisasian JFC, mendeskripsikan pelaksanaan JFC dan mendeskripsikan evaluasi kegiatan JFC.

Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif tingkat sederhana tanpa menggunakan pendekatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumen dan pelaksanaan Fokus Group Discution (FGD) dengan beberapa informan.

Lokasi penelitian di Dynand Fariz International High Fashion Center yang merupakan kantor dari Jember Fashion Carnaval Center yang terletak di Gunung Batu Permai A1.B Jember, Jawa Timur.

Paparan hasil penelitian ini hasil dari pengambilan data di lokasi penelitian, pengelolaan fashion carnaval ini diawali dengan perencanaan yang beruntun, mulai dari penentuan tema yang selalu berubah-ubah, berbagai pelatihan yang nantinya dikompetisikan/olimpiade, presentasi kostum dan penilaian kostum serta performance pada saat grand jury.

Pengorganisasian Jember Fashion Carnaval keanggotaanya setiap tahun selalu berubah karena sering keluar masuknya para anggota JFC. Kepanitiaan JFC juga terdiri dari peserta JFC yang sudah pernah mengikuti JFC sebelumnya atau peserta JFC senior dan  pernah mendapatkan juara di setiap kompetisi.

Pelaksanaan JFC diselenggarakan sehari sebelum showtime yaitu press conference yang diselenggarakan di Dynand Fariz Center yang dilanjutkan dengan general rehearsal di central park dan diakhiri dengan renungan malam. Pada hari H, peserta JFC melakukan preparation showtime dengan melakukan make up dan prepare kostum hingga waktu showtime tiba. Seminggu setelah berakhirnya showtime JFC, diselenggarakan JFC Awarding yang merupakan  penghargaan bagi peserta yang berprestasi.

Kegiatan terakhir dari pengelolaan JFC adalah pengevaluasian kegiatan yang telah dilaksanakan. Pengevaluasian di JFC dibagi menjadi 2 evaluasi yaitu, evaluasi per sesi dan evaluasi akhir yang dilaksanakan setelah kegiatan JFC Awarding.