SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Higiene Sanitasi pada Restoran Pendidikan Universitas Negeri Malang

Tita Kandi Asisca

Abstrak


ABSTRAK

 

Asisca, Tita Kandi. 2012. Higiene Sanitasi pada Restoran Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Higiene Sanitasi, Restoran Pendidikan UM

 

Higiene sanitasi merupakan unsur penting dalam sebuah industri makanan. Restoran Pendidikan UM merupakan restoran pembelajaran yang dikelola oleh mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga diupayakan memenuhi persyaratan higiene sanitasi restoran agar tidak membahayakan kesehatan serta mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah di bidang higiene sanitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kondisi fasilitas sanitasi, higiene sanitasi penjamah makanan, higiene sanitasi peralatan, higiene sanitasi makanan dan higiene sanitasi tempat pengolahan yang ada di Restoran Pendidikan UM. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga 2010 pada bulan November 2012 yang sedang menempuh mata kuliah MUB Restoran yaitu sebanyak 22 penjamah makanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengambil seluruh populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipan dan  menggunakan instrument check list. Analisis data menggunakan perhitungan mean  yaitu skor setiap aspek yang diamati dan dirata-rata sehingga diketahui kategori setiap sub variabel.

Kondisi fasilitas sanitasi di Restoran Pendidikan UM dikategorikan kurang standar (1,92), higiene sanitasi penjamah makanan dikategorikan cukup standar (3,04), higiene sanitasi peralatan dikategorikan kurang standar (2,29), higiene sanitasi makanan dikategorikan cukup standar (3,2) dan higiene sanitasi tempat pengolahan dikategorikan kurang standar (1,86).

Fasilitas sanitasi restoran yang kurang memadai dapat menghambat penjamah makanan selalu berlaku higiene, sehingga hendaknya lembaga pendidikan dapat mengoptimalkan fasilitas sanitasi baik dari ketersediaan serta kondisi fasilitas sanitasi sesuai peraturan kesehatan yang berlaku. Penerapan higiene sanitasi di Restoran Pendidikan UM hendaknya lebih dipantau dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran demi keselamatan dan kesehatan bersama.