SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Relevansi Materi Pembelajaran pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Kurikulum (Kajian pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 3 Malang)

luluk triyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Triyani, Luluk. 2012. Relevansi Materi Pembelajaran pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Kurikulum (Kajian pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 3 Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd, (II) Dra. Teti Setiawati, M.Pd.

 

Kata kunci: relevansi, BSE, kurikulum, SMK, jasa boga

Departemen Pendidikan Nasional (sekarang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional) telah mengadakan buku teks yang dapat digunakan untuk SMK dalam bentuk software yang disebut Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE untuk SMK telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. BSE yang telah digunakan dalam proses pembelajaran yang telah berlangsung ±4 tahun perlu dievaluasi lagi kelayakannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan relevansi materi pembelajaran BSE dengan Kurikulum SMKN 3 Malang, (2) mengidentifikasi materi pembelajaran yang ada dalam Kurikulum SMKN 3 Malang yang belum disajikan dalam BSE, dan (3) Mendeskripsikan materi pembelajaran dalam BSE yang tidak digunakan pada Kurikulum SMKN 3 Malang. Buku yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Buku Restoran Jilid 1-3 untuk Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Kajian dilakukan didasarkan pada Kurikulum SMKN 3 Malang karena merupakan salah satu SMK yang menyediakan Kompetensi Keahlian Jasa Boga.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang dianalisis adalah BSE Restoran Jilid 1-3 untuk SMK pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan studi dokumenter. Dokumen yang digunakan berupa Silabus SMKN 3 Malang dan BSE Restoran Jilid 1-3. Teknik analisis data dimulai dari menghitung jumlah materi pembelajaran yang relevan dengan kurikulum, mempersentasikan jumlah topik materi yang relevan dengan kurikulum, dan mengklasifikasikannya pada kriteria tingkat relevansi materi pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) relevansi materi pembelajaran pada BSE Restoran Jilid 1-3 dengan Kurikulum SMKN 3 Malang untuk Kompetensi Keahlian Jasa Boga tergolong cukup relevan (43%). (2) Materi yang belum disajikan pada BSE Restoran Jilid 1-3 sebesar 57%, dikarenakan antara lain: (a) BSE diterbitkan satu bulan sebelum kurikulum diperbaharui menjadi “Spektrum SMK 2008” yang sekarang dipakai oleh SMK, (b) keterbatasan jumlah buku (3 buku) yang tidak dapat menampung semua materi yang diperlukan untuk 9 SK (mata pelajaran), dan (c) perumusan materi pembelajaran yang kurang lengkap . (3) Materi pada BSE yang tidak digunakan berdasarkan Kurikulum SMKN 3 Malang adalah materi Pasta dan Minuman Alkohol. Materi Pasta tidak digunakan karena tidak diajarkan di SMKN 3 Malang sedangkan materi Minuman Alkohol memang tidak ada dalam Spektrum SMK 2008 sehingga pada Kurikulum SMKN 3 Malang juga tidak ada.

Diharapkan kepada pihak SMKN 3 Malang untuk dapat menyediakan buku lain untuk menunjang atau melengkapi materi yang dibutuhkan. Analisis BSE Restoran 1-3 perlu dilakukan oleh peneliti selanjutnya pada setting (SMK) atau kriteria analisis yang berbeda. Bagi BSNP dan penerbit diharapkan melengkapi materi-materi yang ada di BSE Restoran Jilid 1-3 yang dibutuhkan di SMK pada Kompetensi Keahlian Jasa Boga sehingga keberadaan BSE akan benar-benar dirasakan manfaatnya di SMK.