SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Motif Batik Tulis Pada Paguyuban Pembatik Ikat (PPI) Bulan Asri Di Desa Randuagung Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Yustin Sagita Dwi Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Yustin S.D . 2012. Studi Tentang Motif Batik Tulis Pada Paguyuban Pembatik Ikat (PPI) Bulan Asri Di Desa Randuagung Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Fatultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prahastuti, M.Pd, (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd

 

Kata Kunci: Motif Batik Tulis, Inspirasi Ken Dedes, Singosari

 

Batik merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita sebagai salah satu kesenian Indonesia. Selain dikenal dan diminati masyarakat Indonesia sendiri, batik juga banyak diminati oleh masyarakat mancanegara. Beberapa daerah saat ini telah memiliki kerajinan batik dengan kekhasan daerah masing-masing. Kecamatan Singosari merupakan salah satu daerah pengrajin batik. Istimewanya, di Kecamatan Singosari tepatnya di Desa Randu Agung ini batik dikerjakan oleh para lansia dengan nama PPI Bulan Asri Kabupaten Malang. Dengan adanya penelitian tentang motif batik tulis Bulan Asri yang ada di Kecamatan Singosari, maka dapat dipaparkan ciri dan makna tersendiri dari batik tulis Bulan Asri yang ada di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik, serta perpanjangan pengamatan.

Berdasarkan temuan peneliti dilapangan maka: (1) PPI Bulan Asri merupakan suatu paguyuban yang beranggotakan lansia yang mengerjakan batik tulis dan diketuai oleh Hj. Tatik S. Hajar. Paguyuban tersebut diresmikan di PUJISARI Ken Dedes dengan nama PPI Bulan Asri Kabupaten Malang pada tanggal 10 Agustus 2009 oleh Wakil Bupati Malang saat itu. (2) Motif yang dihasilkan PPI Bulan Asri terinspirasi dari Kendedes yang merupakan Ratu Singosari, sedangkan Singosari sendiri merupakan daerah pembuatan batik yang ingin diangkat oleh PPI Bulan Asri tersebut. Ada empat motif yang merupakan motif dasar Bulan Asri yaitu Pending, Parijoto, Renggo dan Padma. Keempat motif tersebut merupakan motif yang terinspirasi dari Ken Dedes (3) makna perlambang batik digambarkan pada motif-motifnya. Memiliki makna yang berhubungan erat dengan kehidupan manusia pada umumnya. Tidak ada warna khusus pada pembuatan batik tulis Bulan Asri.

Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) Hendaknya juga mengajak/ melibatkan para generasi muda untuk ikut bergabung. Selain untuk regenerasi pengrajin batik, hal ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan kreatifitas batik tulis itu sendiri. (2) Motif batik tulis Bulan Asri akan lebih beragam dengan lebih menggali ornamen-ornamen yang ada pada sosok Ken Dedes untuk dijadikan bentuk motif, sehingga akan banyak variasi motif yang diterapkan pada batik. (3) Bulan Asri sebaiknya menambahkan motif dasar supaya batik yang dihasilkan Bulan Asri tidak menjenuhkan, dan lebih menarik minat pasar. (4) Bulan Asri sebaiknya lebih meningkatkan kualitas dari berbagai aspek seperti ragam motif, warna, kerapihan dalam pembuatan, dsb agar batik tulis Bulan Asri dipatenkan sehingga mendapatkan perlindungan HAKI (Hak atas Kekayaan Intellektual), dan batik tulis Bulan Asri menjadi salah satu aset budaya Kabupaten Malang yang dapat terus dilestarikan. (5) Sebaiknya PPI Bulan Asri mendokumentasikan, membukukan profil paguyuban beserta motif dan makna perlambang batik yang dibuat untuk memudahkan wisatawan yang ingin mengetahui salah satu budaya batik di Kabupaten Malang. Hal ini juga bertujuan agar batik tulis Bulan Asri lebih dikenal masyarakat.