SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Profil Usaha Alumni Diploma III Tata Busana Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Pada Angkatan 2005 – 2007)

yasmin nabilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nabilah, Yasmin. 2012. Analisis Profil Usaha Alumni Diploma IIITata Busana Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Pada Angkatan 2005 – 2007), Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas TeknikUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Anik Dwiastuti, S.T, M.T., (2) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si.

 

Kata Kunci : Analisis, Profil Usaha, Alumni

 

Tenaga kerja setiap tahun akan semakin meningkat sejalan denganl edakan pertumbuhan penduduk. Perkembangan penduduk harus diikuti oleh tersedianya lapangan pekerjaan baru. Pikiran seseorang yang tidak bekerja akan selalu tertuju pada usaha mencari pekerjaan. Seseorang tidak dapat  melihat adanya kesempatan kerja yang dapat dilakukan sendiri. Sebagian besar berfikir bahwa untuk melakukan pekerjaan sendiri atau memulai usaha diperlukan modal yang besar. Pandangan demikian akan menimbulkan kondisi yang tidak sehat. Seharusnya arus pencari kerja harus diimbangi dengan arus pencipta lapangan pekerjaan baru. Salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran tersebut adalah dengan membentuk usaha mandiri atau berwirausaha. Program studi Diploma III Tata Busana jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang termasuk tempat bagi mahasiswa untuk mempelajari ilmu yang berguna untuk memulai suatu usaha, karena tujuan utama dari program studi Diploma III Tata Busana adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Tata Busana yang mampu bekerja pada berbagai dunia usaha atau industri yang relevan atau berwirausaha mandiri di bidangnya. Profil usaha dalam penelitian ini meliputi entrepreneurial skill dan managerial skill.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah alumni Diploma III Tata Busana angkatan 2005 – 2007 yang memiliki usaha di bidang tata busana sejumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Padaentrepreneurial skill alumni memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal berkomunikasi untuk melakukan kerjasama dengan orang lain, namun hal tersebut tidak diimbangi dengan kemampuan dalam bertanggungjawab. Hal ini ditandai dengan mayoritas alumni yang menyatakan pernah terlambat dalam memberikan pesanan dan mendapatkan komplain dari konsumen bahkan tak jarang konsumen meninggalkan usaha alumni. (2) Alumni lebih banyak memiliki usaha modiste dengan bentuk usaha perseorangan. Pada managerial skill kelemahan yang dimiliki alumni terletak pada kurangnya kemampuan mereka dalam mengelola aspek pemasaran dan keuangan. Pada aspek pemasaran mayoritas alumni kurang melakukan promosi, kurangnya promosi tersebut ternyata berdampak padaaspek produksi, dimana order yang didapatkan oleh sebagian besar usaha alumni  hanya 1 – 20 potong pakaian perbulan. Pada aspek keuangan, mayoritas alumni menyatakan bahwa mereka tidak membuat laporan keuangan. Hal ini juga berkaitan dengan kurangnya tanggungjawab yang dimiliki alumni. Seluruh alumni juga tidak memiliki ijin mendirikan usaha dari pemerintah.