SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI PROFIL MAHASISWA PROGRAM TATA BUSANA JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2008/2009 s/d 2010/2011

RETNO DWI NURSAMSI

Abstrak


ABSTRAK

 

Nursamsi, Retno Dwi. 2011. Identifikasi Profil Mahasiswa Program Tata Busana Jurusan Teknoogi Industry Universitas Negeri Malang . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si, (II) Anik Dwiastuti S. T., M. T.

 

Kata Kunci: profil, mahasiswa.

 

Profil mahasiswa adalah pandangan sosok/ orang yang sedang mendalami ilmu pengetahuan di perguruan tinggi. Profil mahasiswa melingkupi kehidupan mahasiswa yang ditinjau dari berbagai aspek, meliputi latar belakang pendidikan mahasiswa sebelum masuk perguruan tinggi, keadaan sosial ekonomi orang tua mahasiswa, asal daerah mahasiswa, serta kesesuaian minat mahasiswa.

Penelitian profil mahasiswa program tata busana bertujuan untuk mendeskripsikan profil mahasiswa program Tata Busana angkatan 2008-2010. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu profil mahasiswa Program Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Universitas Negeri Malang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D3 dan S1 yang berjumlah 182 responden. Uji validitas instrumen menggunakan uji vaiditas konstruk. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari jawaban responden dari pertanyaan dalam angket dan berasal dari data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa mahasiswa program tata busana yang berasal dari input SMK sebesar 52% sedangkan mahasiswa input SMA dan MA sebesar 48%. Pendidikan terakhir orang tua mayoritas adalah SMA sedangkan  pekerjaan ayah yang paling dominan adalah sebagai wiraswasta, dan ibu mayoritas tidak bekerja. Untuk rata-rata pendapatan orang tua adalah Rp. 2.802.585/ bulan, sedangkan   pengeluaran keluarga mayoritas Rp.750.000 – Rp.1.750.000. Tanggungan orang tua sebagian besar hanya 2 orang. Mahasiswa program tata busana sebagian besar berasal dari kota. Mahasiswa program tata busana sebagian besar juga memiliki minat untuk masuk program tata busana.

Jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tata busana antara input SMK dan input SMA memiliki jumlah yang hampir seimbang. Tingkat sosial ekonomi mahasiswa juga termasuk dalam kategori sosial ekonomi atas (sejahtera) karena pendapatan orang tua mereka lebih besar dari pengeluaran keluarga dengan jumlah tanggungan yang tidak banyak. Mahasiswa juga lebih fashioneble dan bisa mengaktualisasikan diri dalam pembuatan busana karena mereka sebagian besar berasal dari kota. Minat yang tinggi untuk masuk program tata busana bisa mendorong mahasiswa untuk menyukai dan menekuni bidang busana yang dipilihnya.