SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI PEMILIHAN GAYA BUSANA PADA MAHASISWA PRODI S1 TATA BUSANA JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

LILIS SURYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryani, Lilis. 2011. Identifikasi Pemilihan Gaya Busana Pada Mahasiswa Prodi S1 Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si, (II) Dra. Hapsari Kusumawardani, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pemilihan, gaya busana.

 

Gaya berbusana  merupakan ekspresi  kehidupan  masyarakat sehari-hari, ada 4 macam gaya busana yang dapat dipilih  atau dianut oleh masyarakat, yaitu Classic, New Classic,Trend dan New Waves. Gaya busana Mahasiswa Tata Busana merupakan fenomena yang menarik perhatian peneliti untuk melakukan kajian tentang Pemilihan Gaya Busana Pada Mahasiswa Prodi S1 Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Indikator pemilihan gaya busana yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi mode, warna, jenis busana dan accessories dan millinaries.

Hasil penelitian yang tertingi pada indikator mode sebanyak 35,6% lebih cenderung memilih mode aliran trend untuk pemilihan gaya busananya, pada indikator warna sebanyak 38,4% lebih cenderung memilih warna aliran clasic untuk pemilihan gaya busananya, pada indikator jenis busana sebanyak 28,8% lebih cenderung memilih jenis busana aliran new clasic untuk pemilihan gaya busananya dan pada indikator accessories dan millinaries sebanyak 45,6% lebih cenderung memilih accessories dan millinaries aliran trend untuk pemilihan gaya busananya. Sedangkan untuk yang terendah pada indikator mode sebanyak 17% memilih mode aliran clasic untuk pemilihan gaya busananya, pada indikator warna sebanyak 8,1% memilih warna aliran new waves untuk pemilihan gaya busananya, pada indikator jenis busana sebanyak 17% memilih jenis busana aliran clasic untuk pemilihan gaya busananya dan pada indikator accessories dan millinaries sebanyak 9,3% memilih accessories dan millinaries aliran clasic untuk pemilihan gaya busananya.

Kesimpulan yang diperoleh dari pemilihan gaya busana  adalah mahasiswa cenderung memilih mode dari aliran trend untuk gaya busananya, pada warna mahasiswa cenderung memilih warna dari aliran classic untuk gaya busananya, pada jenis busana mahasiswa cenderung memilih jenis busana dari aliran new classic untuk gaya busananya dan pada accessories dan millinaries mahasiswa cenderung memilih accessories dan millinariesdari aliran trend untuk gaya busananya.