SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISA POLA BUSTIER YANG DIBUAT DENGAN POLA PRAKTIS DAN POLA SO-EN DITINJAU DARI FITTING FACTORNYA PADA TUBUH UKURAN STANDAR “M”

Yuni Trisnaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Trisnaningtyas, Yuni. 2011. Analisa Pola Bustier yang Dibuat dengan Pola Praktis dan Pola So-En Ditinjau dari Fitting Factornya pada Tubuh Ukuran Standar “M’. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Agus Sunandar, S.Pd, M.Sn (II) Dra. Nur Endah Purwaningsih , M.Pd

 

Kata Kunci: Pola Bustier

 

Pola adalah jiplakan  bentuk badan yang biasanya dibuat diatas kertas, yang nantinya sebagai contoh untuk menggunting bahan utama dan bahan pelengkap busana. Pola bustier dapat dibuat dengan beberapa metode, seperti pola So-En dan pola praktis. Dari kedua teknik pembuatan pola ini akan dilihat fitting factornya pada tubuh ukuran standar “M”. Penelitian ini dapat dijadikan refererensi bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih detail mengenai analisa pembuatan pola bustier hingga jadi dan mengetahui tingkat kenyamanan dari pola praktis dan pola So-En.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tingkat kenyamanan dari pola praktis dan pola So-En dan untuk mengetahui fitting factor pada bustier yang diuat menggunakan pola praktis dan pola So-En.

Data penelitian ini diambil menggunakan validator dari panelis ahli dalam bidang tata busana yaitu Dra. Sri Eko Puji Rahayu, M.Si, Dra. Agus Heri Supadmi Irianti, M.Pd dan Dra. Idah Hadijah selaku dosen tata busana di Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara membuat pola So-En dan pola praktis. Teknik pengambilan data menggunakan lembar pengamatan yang diisi oleh panelis. Sedangkan teknik analisa data berupa prosentase.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan pola So-En dan pola praktis memiliki presentase yang berbeda, yaitu 99% untuk pola praktis dan 87% untuk pola So-En. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola praktis memiliki kekurangan pada bagian lingkar dada atas, sedangkan pada pola So-En memiliki kekurangan pada bagian lingkar dada atas, lingkar badan, lingkar dada bawah, lingkar pinggang dan lingkar panggul 1.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam pembuatan bustier menggunakan pola praktis lebih teliti lagi pada bagian lingkar dada atas. Sedangkan pada pola So-En perlu menggunakan kupnat cuian pada bagian sisi pola agar pada kedudukan lingkar dada atas, lingkar badan, lingkar dada bawah tidak bergelembung dan lebih teliti lagi pada ukuran lingkar pinggang dan lingkar panggul 1.