SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DASAR-DASAR ANIMASI DI SMK NEGERI 5 MALANG

Armansyah Firdausy

Abstrak


ABSTRAK

Armansyah, Firdausy. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Dasar-Dasar Animasi di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd, (II) Dr Sulthoni, M.Pd.

Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, multimedia

Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang menggabungkan teks, gambar, audio, video dan animasi yang dapat dikendalikan sesuai keinginin pengguna yang dipresentasikan melalui teknologi komputer. Melalui media tersebut siswa dapat memahami materi-materi yang sulit mereka pahami dan dapat menggunakan multimedia ini secara berulang-ulang baik di sekokah atau di rumah. Multimedia interaktif merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah untuk pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Ranah kognitif yang ingin diselesaikan dengan multimedia interaktif ini yaitu tingkat pengetahuan (C1) untuk klasifikasi mempelajari, (C2) untuk klasifikasi menjelaskan dan (C3) untuk klasifikasi memproduksi. Penyajian materi dan evaluasi pada multimedia interaktif ini akan dirancang untuk menyelesaikan permasalahan ranah kognitif tingkat pengetahuan C1) untuk klasifikasi mempelajari, (C2) untuk klasifikasi menjelaskan dan (C3) untuk klasifikasi memproduksi dari materi 12 prinsip dasar animasi.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif dasar-dasar animasi yang layak atau valid sebagai multimedia pembelajaran kejuruan animasi di SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian pengembangan Lee dan Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dengan subjek uji coba adalah siswa kelas XI animasi di SMK Negeri 5 Malang.

Hasil pengembangan multimedia interaktif ini dikatakan cukup valid digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli materi sebesar 70%, dari ahli media sebesar 85%, dan dari hasil uji coba siswa mendapatkan 81,7%. Selain itu multimedia interktif ini juga terbukti efektif digunakan untuk siswa SMK dilihat dari hasil nilai post-test yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 21 siswa dari total 27 siswa . Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami siswa