SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang

Rista Yunita

Abstrak


Kata Kunci :Pengembangan, multimedia interaktif, fotosintesis

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang merupakan salah satu implementasi kemajuan teknologi dan komunikasi di dunia pendidikan. SMP Wahid Hasyim Malang merupakan sekolah swasta di tengah kota yang memiliki masalah dalam penyediaan media pembelajaran.

Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Siswa memiliki kesulitan dalam mempelajari materi IPA mengingat konsep IPA terdiri dari konsep nyata dan abstrak. Karena itu pelajaran IPA sangat tergantung bagaimana cara guru menyampaikan materi. Nyatanya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvesional yang membuat siswa merasa jenuh dan kurang antusias dengan materi pelajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan  multimedia interaktif berbasis komputer pokok bahasan fotosintesis yang tervalidasi dan efektif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII SMP.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004). Pada model pengembangan ini terdapat beberapa tahap yang dilakukan antara lain:

(1) analisis,

(2) desain,

(3) pengembangan,

(4) implementasi,

(5) evaluasi. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII IPA SMP Wahid Hasyim.

Hasil pengembangan multimedia interaktif  ini dikatakan valid dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan dari 1 ahli media dengan presentase 95%, 1 ahli materi sebesar 90% , dan dalam uji coba perseorangan mendapatkan presentase 9,5%, dari ujicoba kelompok kecil sejumlah 4 siswa 90%, dan ujicoba lapangan sejumlah 23 siswa 90,17%. Dengan demikian, multimedia interaktf yang diterapkan dalam materi fotosintesis dapat menjadi solusi bagi para siswa untuk mempermudah proses belajar mengajar.