SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL SENI UKIR DI MTS ROUDLOTUL ULUM JEPARA UNTUK KELAS VIII

Miftahur Rizka Maulia Mahfudlo

Abstrak


RINGKASAN

MiftahurRizkaMauliaMahfudlo. 2019. PengembanganKurikulumMuatanLokalTariBoranSeniUkir di MTs RoudlotulUlumJeparauntukKelasVIII. Skripsi. JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sulton,M.Pd (II) SaidaUlfa, M.Edu.,Ph.D.

Kata Kunci:Pengembangan, KurikulumMuatanLokal, SeniUkir

Indonesia merupakannegara yang kaya akankeanekaragamannya, hampirsetiapdaerahmemilikicirikhasataupotensi yang dapatdibanggakandanmembantuperekonomiannegara. Salah satunyaadalahKabupatenJepara. Jeparamemilikipotensidaerahyaituseniukir,haliniperludilestarikan agar seniukirjeparatetapterjaga. Salah satubentukuntukmelestarikannyaadalahmelaluiduniapendidikan, denganmengembangkankurikulummuatanlokalSeniUkirJepara.

Tujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkankurikulumuntukmelaksanakanpembelajaranseniukirsebagaimuatanlokal, yang terdiridarisilabusdan RPP untukkelas VIII danterujivaliditasnya.

Metodepengembangan yang menjadipedomanadalah model pendekatankompetensiolehToenlioe (2017). Yang menjadisubjekpenelitianadalah MTs RoudlotulUlumSuwawalJepara. Data yang di gunakanadalah data kualitatifdarihasilobservasidanwawancaradankuantitatifdariInstrumenahlikurikulum,ahlimateri.

HasilpenelitiankurikulummuatanlokalSeniUkirJeparainidinyatakan valid denganhasilpersentasedariahlikurikulumsebesar 90% dandariahlimaterisebesar 95%. Hal inimenunjukkanbahwakurikulummuatanlokalSeniUkirJeparadapatditerapkandandikembangkanpadasekolahsebagaiterobosanbarudalampembelajaran yang dapatmelestarikanpotensidancirikhasdaerahJepara. KesimpulandaripengembanganiniadalahkurikulummuatanlokalSeniUkirJeparayang dikembangkantermasuk valid danlayakuntukditerapkan.