SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Terapan teori-teori behavioristik dalam kegiatan muhadharah: Studi kasus di Tarbiyatul Mu`allimien Al-Islamiyah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura

ArieDliya`uddin Arie muhammad

Abstrak


RINGKASAN

Dliyauddin, Arie Muhammad. 2019. PenerapanTeoriBelajarBehavioristik :Studikasus di TMI Al-AmienPrenduanSumenep Madura. Skripsi, Prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Zainul Abidin, M.Pd. (II) Dr. Agus Wedi S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci:TeoriBehavioristik, muhadharah

Teoribelajarbehavioristikadalahsalahsatuteori yang digunakanacuandalampsikologipendidikan. Teoriinimenitikberatkan proses pembelajaranmelaluipemberian Stimulus danRespons. Muhadharahadalahsalahsatukegiatanwajib di TMI Al-AmienPrenduan yang ditujukanuntukmencetakkaderulama yang mampuunukberdakwah di masyarakatsesuaivisi-misilembaga TMI Al-AmienPrenduan. Kegiatanmuhadharah di TMI banyakmenggunakanprinsipbelajar yang mengacupadateoribelajarbehavioristik. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmnejelaskanbagaimanapenerapanteoribelajarbelajarbehavioristikdalamkegiatanmuhadharah di TMI Al-AmienPrenduan.

Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganjenispendekatanstudikasus. Teknikpengumpulan data yang digunakandalamkegiataniniadalah :

 (1) Wawancara,

(2) Observasidan

(3) Dokumentasi. Teknikanalisis data yang diguakanadalahreduksi data, pemaparan data danperumusansimpulan, untukmenjagakeabsahan data, digunakanduakriteriadanteknikpemeriksaankeabsahan data yaituketekunanpengamatandantriangulasi.

TemuanPenelitianadalahsebagaiberikut:

(1) Muhadharahsebagaikegiatanwajib di TMI Al-AmienPrenduansebagaiupayauntukmewujudkanvisi-misilembaga,

(2) Prinsipbelajar yang digunakandalamkegiatanmuhadharahadalahprinsip Classical conditioning, prinsipobservasional, prinsip operant conditioning, prinsipkekerapandankebaruan Watson,

(3) Hukumbelajar yang digunakandalamkegiatanmuhadharahadalahhukumbelajarkoneksionismethorndike, (4)Stimulus yang diberikandalamkegiatanmuhadharahdiberikanolehpusat Bahasa, BANANSA, maupunsesamasantriberupa program, tindakan, ucapanmaupunaktivitaslainnya yang berhubungandenganmuhadharah.