SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 9 Subtema 1 di MI YPSM Al Manaar

Ledy Ahrisya

Abstrak


ABSTRAK

Ahrisya, Ledy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 1 di MI YPSM Al Manaar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd, (II) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar

Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 1.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MI YPSM Al Manaar tahun 2018/2019, dengan 18 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 71,44 dan kelas kontrol sebesar 75,79. Setelah diberi perlakuan, rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 83,22 dan kelas kontrol sebesar 82,42. Hasil uji Paired Samples T Test pada kelas eksperimen nilai signifikansinya yaitu  0,000 < 0,025. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sedangkan hasil uji Independent Samples T Test nilai signifikansinya yaitu sebesar 0,893 > 0,025. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning