SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Tutorial Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA

Prastiwi dyas Nurika

Abstrak


RINGKASAN

Prastiwi, Dyas Nurika. 2019. Pengembangan Multimedia Tutorial Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., (II) Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si.

Kata Kunci: multimedia tutorial, suplemen, asam dan basa

Pada mata pelajaran Kimia di kelas XI SMA Negeri 2 Ponorogo, terdapat materi Asam dan Basa. Sifat ilmu kimia yang abstrak menyebabkan sub materi di dalamnyamembutuhkanilustrasidan visualisasi agar lebihmudahdipahami, yaitu mengenai teori asam dan basa, uji larutan elektrolit dan non elektrolit, serta eksperimen asam dan basa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Kimia pada awal Maret 2019, pesertadidikmengalamikesulitan, cenderung pasif, jenuh, kurang termotivasi dalam belajar,pembelajarankurangmaksimal, monoton, hasil belajar rendah, serta tujuan pembelajaran sulit dicapai. Guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran tambahan atau suplemen yang dapat menunjang bahan ajar utama dan mengatasi permasalahan yang ada. Multimedia tutorial merupakan salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang dapat menarik perhatian, antusiasme peserta didik, mengoptimalkan pembelajaran, serta dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia tutorial yang layak sebagai suplemen pada mata pelajaran Kimia materi Asam dan Basa kelas XI. Produk ini dibuat menggunakan software AutoPlay Media Studio 8, didukung softwareAdobe Photoshop, Microsoft Office PowerPoint, dan iSpring Suite 9.

Pengembang memilih model pengembangan yang dikemukakan oleh William W.Lee dan Diana L.Owens. Terdapat lima tahapan pengembangan, yaitu:

1) Multimedia Needs Assesment and Analysis;

2) Multimedia Instructional Design;

3) Multimedia Development;

4) Multimedia Implementation;

5) Multimedia Evaluation.

Instrumen penelitian pengembangan ini berupa angket daftar cek (checklist) dengan skala likert yang dikembangkan oleh pengembang. Data yang dikumpulkan berupa data respon pengguna mutimedia tutorial Asam Basa Kimia meliputikemenarikan multimedia pembelajaran bagi peserta didik, relevansi multimedia pembelajaran yang dipelajari, kebermanfaatan multimedia pembelajaran yang dipelajari, kesesuaian multimedia pembelajaran yang dipelajari, serta kemudahan mengakses multimedia pembelajaran, menggunakan teknikobservasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media didapatkan persentase sebesar 95,78%, ahli materi 83,52%, guru 85,88%, uji coba kelompok kecil 84,47% dan uji coba kelompok besar 85,58%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia tutorial sebagai suplemen pada mata pelajaran Kimia materi Asam dan Basa kelas XI SMA sangat layak digunakan. Data kualitatif berupa saran dan komentar juga digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk merevisi produk. Komentar dan saran tersebut mengenai tata letak, penambahan pengantar (positioning), penskoran atau nilai, serta ukuran tulisan. Secara keseluruhan, komentar dan saran untuk multimedia tutorial ini adalah menarik dan menunjang pembelajaran.