SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Peer Authentic Assessment untuk Melatih Critical Thinking Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Program Diklat

DINI ARIS SETYANTI

Abstrak


Pendidikan abad ke-21 merupakan pendidikan yang bersifat dinamis, informasi semakin bertambah cepat dan dapat diakses dengan sangat mudah. Berbagai masalah dalam dunia pendidikan mendapatkan sorotan dari berbagai ahli pendidikan dan teknolog pendidikan, sehingga mencari solusi permasalahan dalam dunia pendidikan adalah dengan menciptakan inovasi atau pengembangan yang mencakup semua aspek untuk memperbaikinya. Tantangan pada abad ke-21 ini yaitu membangun kemampuan SDM yang mumpuni, meliputi keterampilan berpikir yang terbuka dan kritis, kemampuan paham akan teknologi yang berkembang dan maju, kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif. Perlu melatih keterampilan berpikir kritis untuk meningkatkan kualitas dari SDM menghadapi tantangan abad ke-21.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Model Peer Authentic Assessment (PAA) untuk melatih critical thinking mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Program Diklat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2016 yang sedang menempuh mata kuliah Manajemen Program Diklat (MPD).

Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS Statistics 22.0 for Windows lalu dideskripsikan dengan ditinjau berdasarkan lima aspek berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Peer Authentic Assessment (PAA) untuk melatih critical thinking mahasiswa yaitu: (1) aspek memberikan penjelasan sederhana berada dalam kategori baik dengan skor rerata 20,30 dan persentasenya 72,5%; (2) aspek membangun keterampilan dasar berada dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 38,74 dan persentasenya 74,5%; (3) aspek menyimpulkan berada dalam kategori sangat baik dengan skor rerata 29,67 dan persentasenya 74,175%; (4) aspek memberikan penjelasan lebih lanjut berada dalam kategori baik dengan skor rerata 11,33 dan persentasenya 70,8125% atau 70,8%; (5) aspek mengatur strategi dan taktik berada dalam katgeori baik dengan skor rerata 14,89 dan persentasenya 74,45%

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Peer Authentic Assessment (PAA) termasuk dalam kategori sangat baik untuk melatih critical thinking mahasiswa  dengan skor rerata (mean) 114,93 yang terdapat dalam kelas rentang X > 102 dan persentase sebesar 73,673% atau 73,7%.