SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pemanfaatan Search Engine dalam meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Ningrum nila R.K

Abstrak


RINGKASAN

Ningrum, Nila R. K. 2019. Analisis Pemanfaatan Search Engine dalam meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd, (II) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd.

Kata kunci : Analisis, Search Engine, Self-regulated Learning

Kegiatan belajar di bangku perkuliahan mengharuskan mahasiswa untuk belajar mandiri (Self-regulated learning). Dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa seringkali mengakses Internet. Segala informasi dicari dengan bantuan mesin pencari (search engine). Informasi yang dapat diakses oleh mahasiswa sangat luas dan bebas.

Mahasiswa ditantang untuk mengatur sendiri cara belajar mereka dalam luasnya informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut,  penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai pemanfaatan search engine dalam kegiatan belajar,2) mendeskripsikan kemampuan self-regulated learning  mahasiswa Teknologi Pendidikan 3) mendeskripsikan kegiatan pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa catatan lapangan, hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memanfaatkan search engine saatmencari sesuatu diInternet. Pencarian untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, terutama dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Motivasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan dipengaruhi oleh faktor diri dan luar diri, yaitu teman. Mahasiswa masih melakukan pencarian informasi di internet dengan pola yang sederhana. Mahasiswa seringkali mencari (searching) satu informasi tanpa memadukan dengan informasi dari sumber lain yang didukung oleh fakta.

Saran bagi mahasiswa yaitu perlu lebih kritis dalam menyeleksi segala informasi yang diperoleh. Mahasiswa perlu memadukan antara satu informasi dengan informasi dari sumber lain, disertai fakta pendukung. Selain itu, mahasiswa perlu terus melatih kemampuan self-regulated learning dengan menyadari motivasi diri, meningkatkan kemampuan kognitif dengan berpikir kritis, serta mengevaluasi dan merefleksi diri dalam belajar.

SUMMARY

Ningrum, Nila R. K. 2019. Analyzing the Utilization of Search Engine in Improving Self-Regulated Learning among the students of Education Technology Dept. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd, (II) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd.

Keywords: Analysis, Search Engine, Self-Regulated Learning

Learning activities in the classroom require students to study independently (Self-regulated learning). In studying and doing college assignments, students often access the Internet. All information is searched for with the help of a search engine. Information that can be accessed by students is very broad and free.

Students are challenged to set their own way of learning in the breadth of information. Based on these problems, this study aims to 1) describe the perceptions of Education Technology students about the use of search engines in learning activities, 2) describe the ability of self-regulated learning Education Technology students 3) describe the activities of using search engines in improving self-regulated learning Educational Technology Students.

This study uses descriptive qualitative research methods. Research data in the form of field notes, interview results, observations, and documentation. The results of this study found that students use search engines when searching for something on the Internet. They are searching for various daily needs, especially in studying and working on college assignments. The motivation to learn Education Technology students is influenced by self and outside factors, such as friends. Students are still searching for information on the internet in a simple search. Students often search for information without integrating information from other sources supported by facts.

Suggestions for students, they need to be more critical in selecting all the information obtained. Students need to combine information with information from other sources, accompanied by supporting facts. In addition, students need to exercise the ability of their self-regulated learning by being aware of self-motivation, increasing cognitive abilities by thinking critically, evaluating and also reflecting themselves in learning.