SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang

Dwi Risdyanti

Abstrak


RINGKASAN

Dwi, Risdyanti. 2019. Pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (II) Saida Ulfa, S.T., M.Ed., Ph.D.

Kata Kunci: kurikulum 2013, SKS, pembelajaran IPA

Penerapan kurikulum 2013 dengan program SKS pada jenjang pendidikan menengah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA kelas VII pola 4 semester, kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan:

(1) Pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang belum terlaksana secara optimal, masih menggunakan sistem setengah paket, belum SKS murni. Pelaksanaan pembelajaran IPA sudah sesuai dengan RPP yang mengacu pada Kurikulum 2013. Hal ini dapat terlihat dari seluruh komponen yang ada saling mendukung. Proses pembelajaran menekankan pada teroptimalnya potensi peserta didik dalam mempercepat proses belajar. Proses pembelajaran dipersingkat   dengan   menggunakan   metode   diskusi   dan   mengoptimalkan   proses   saintifik “menanya”. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan SKS menekankan pada 3 komponen yaitu kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.

Proses pembelajaran telah berpusat pada peserta didik, guru sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester.

(2) kendala yang timbul dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan SKS yaitu guru belum bisa memilih materi secara esensial sehingga materi yang diberikan masih bersifat umum belum spesifik.

(3) Solusi yang dilakukan yaitu dengan mengadakan workshop dan diklat bagi guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 dan SKS. Pelaksanaan pembelajaran IPA dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan SKS siswa kelas VII 4 semester sudah baik dilakukan oleh guru IPA.

SUMMARY

Dwi, Risdyanti. 2019. Implementation of Semester Credit System in 2013 Curriculum in Science Subjects in Malang State Middle School 3. Thesis, Education Technology Department, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (II) Saida Ulfa, S.T., M.Ed., Ph.D

Keywords: 2013 curriculum, SKS, science learning

The application of the 2013 curriculum with the SKS program at the secondary education level, this study aims to describe and analyze the implementation of the Semester Credit System in the 2013 curriculum in class VII science subjects in the 4 semester pattern, constraints and solutions. This research is a qualitative study with a case study approach. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. The validity test of the data is done by triangulation of methods and sources. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing.

The results of the study show:

(1) The implementation of the Semester Credit System in the 2013 curriculum in science subjects at Malang Middle School 3 has not been carried out optimally, still using a half-package system, not pure SKS. The implementation of science learning is in accordance with the RPP which refers to the 2013 curriculum. This can be seen from all existing components supporting each other. The learning process emphasizes the optimal potential of students in accelerating the learning process. The learning process is shortened by using discussion methods and optimizing the scientific process "asking". In the implementation of science learning with SKS emphasizes on 3 components, namely face-to-face activities, structured activities, and unstructured independent activities.

The learning process has been centered on students, the teacher has made a Learning Implementation Plan (RPP) in accordance with the 2013 curriculum guidelines with the Semester Credit System.

(2) constraints that arise in carrying out science learning with credit, namely the teacher has not been able to select material essentially so that the material provided is still general and not specific.

 (3) The solution that is done is by holding workshops and training for teachers to improve teacher competency in implementing the learning process in accordance with the 2013 curriculum guidelines and SKS. The implementation of science learning in implementing the 2013 curriculum with SKS VII grade students in 4 semesters has been done well by science teachers