SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MOBILE LEARNING MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI KONSEP KEBUDAYAAN, SENI, DAN KEINDAHAN KELAS X SMKN 1 TUREN MALANG

Pradana Risky A.P

Abstrak


ABSTRAK

Pradana, Rizky A.P. 2019. Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran seni budaya materi pokok konsep kebudayaan, seni dan keindahan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd(II) Eka Pramono Adi, S.I.P.,M.Si (III)

Kata Kunci: E-modul, mobile learning, seni budaya

Proses pembelajaran seni budaya di SMKN 1 Turen Malang  mengalami kesulitan dalam belajar menggunakan media cetak. Penyajian banyak materi berupa teks, serta media cetak hitam putih menjadi masalah umum yang banyak dipaparkan. Maka dibutuhkan sebuah media yang dapat menuntaskan permasalahan yaitu menyusun aplikasi modul elektronik berbasis mobile learning. Aplikasi ini berisi modul seni budaya yang akan meningkatkan pemahaman serta motivasi siswa karena dipadukan dengan unsur gambar, video, serta teks yang disusun secara interaktif.

Tujuan pengembangan untuk mendapatkan aplikasi e-modul berbasis mobile learning yang valid serta efektif untuk siswa belajar mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens (2004) karena memiliki alur lengkap mulai dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi, serta tahap evaluasi. Audiens untuk penelitan E-modul berbasis mobile learning adalahsiswa kelas X SMKN 1 Turen Malang yang berjumlah 28 siswa.

Hasil data yang digunakan adalah hasil data jenis kuantitatif dan kualitatif. Hasil tabulasi data aplikasi e-modul berbasis mobile learning materi konsep budaya, seni dan keindahan dinyatakan valid oleh ahli media 96,25 %, ahli materi 93,13%, serta audiens siswa dengan uji lapangan 90,55%. Hasil tabulasi data tes setelah memakai aplikasi dinyatakan terjadi peningktan hasil belajar dengan presentase 96%  karena 24 dari 25 siswa berhasil mencapai kkm mata pelajaran Seni Budaya

ABSTRAK

Pradana, Rizky A.P. 2019. Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran seni budaya materi pokok konsep kebudayaan, seni dan keindahan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd(II) Eka Pramono Adi, S.I.P.,M.Si (III)

Kata Kunci: E-modul, mobile learning, seni budaya

The art and culture learning process in Vocational High School 1 Turen Malang is facing a difficulty in learning using printed media. Content presentation in text and black and white picture has become a problem that commonly mentioned. So, there is a need of a media that can solve the problem mentioned before, that is by using mobile-learning based module application. This applications contains art and culture module that can increase student’s understanding and motivation because of the interactively arranged picture, video and text.

The aim of the application development is to get a module application with mobile-learning base that is valid and effective for students to study individually. Development model used in this application ins the Lee and Owens (2004) model because it has a complete process, starting form analysis stage, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. The audience for the mobile-learning based module application is 28 first year students of Vocational High School 1 Turen.

The data result used in this research is the quialitative and quantitative data. Tabulation data result of mobile-learning based module application in the culture, art and beauty material is considered 96,25% valid by the media expert, 93,13% by the material expert and various by the audience (90,55% by the field test). The data tabulation result after using the application is considered 96% because out of 25 students, 24 student can reach beyond the minimum score of art and culture lesson