SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATERI AKSARA JAWA UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 MALANG

Rahardjo Tommy

Abstrak


ABSTRAK

Rahardjo, Tommy, 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android MateriAksaraJawaUntukKelas X SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman SudanaDegeng, M.Pd. (II) YerrySoepriyanto, S.T., M.T.

Kata Kunci           : Multimedia Interaktif, Mobile Learning, Tutorial, AksaraJawa.

Kurikulum 2013 sudahmulaimembukamatapelajaranbahasadaerahsalahsatunya SMK Negeri 5 Malang. Dengansistemkurikulum yang masihterbilangbarumakaperluadanyapenguataninformasi yang dapatmenunjangpebelajar.Dibutuhkan media pembelajaran yang berupaaplikasiuntukmembantu proses belajar.

Penelitibertujuanmenghasilkan media interaktifmobile learnigberbasisandroidpadamatapelajaranbahasaJawamateriaksaraJawa di SMK Negeri 5 Malang yang valid danefektif.

Penelitianinimenggunakan model Lee & Owens denganalurAnalisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, danEvaluasi. Multimedia interaktifinimenggunakanjenis multimedia tutorial dariteoriAlessidanTrollip. Subjekpenelitianialahdarisiswa-siswi SMK Negeri 5 Malang jurusan Multimedia Kelas X denganjumlahsiswasebanyak 33 orang.

Hasilujicoba yang dilakukan di SMK Negeri 5 Malang jurusan Multimedia Kelas X  telahmemperolehdarihasilahli media diperolehnilai96,3%danahlimateridiperolehnilai95%. Sedangkanpadahasilujicobaperoranganpadasiswaatauaudiensmemperolehnilai79,2%, ujicobakelompokkecilmemperolehnilai88,3%, danujicobalapanganmemperolehnilai87,5%. Dalammelakukananalisisteshasilbelajarmengujisiswasebanyak 33 orang. Jumlahsiswa yang telahmencapai KKM sebanyak 25 orang denganpersentase75,76%. Dari data yang disimpulkanbahwasiswamenggunakanaplikasi multimedia interaktifberbasisandroidpadamatapelajaranbahasaJawamateriaksarajawatermasukkategoricukupefektif.

PemanfaatanprodukaplikasiberbasisAndroidaksaraJawainitidakmemerlukandampingandari guru ataupendidik lain karenadiharapkanmenjadikanpesertadidikbelajarmandiridanmenggunakanaplikasikapansajadandimanasaja.

ABSTRACT

Rahardjo, Tommy, 2019. Development an Android Interactive Multimedia of Javanese Type For the 10th Grade of SMK Negeri 5 Malang. Thesis, Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor: (I) Prof.Dr. I NyomanSudanaDegeng, M.Pd. (II)YerrySoepriyanto, S.T., M.T.

 

Keywords            : Interactive Multimedia, Mobile Learning, Tutorial, Javanese  Alphabet.

2013 curriculum has beguntoopen regional languagesubjects, one of themis SMK Negeri 5 Malang. With a curriculumsystemthatisstillrelativelynew, itisnecessarytostrengtheninformationthatcansupportstudents. Learning media isneededintheform of applicationstohelpthelearningprocess.

The researcheraimstoproduceanAndroid-basedinteractivelearning media based on Javaneselanguagesubjects, Javanesecharactersin SMK Negeri 5 Malang are valid andeffective.

Thisstudyusesthe Lee & Owens model withtheflow of Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation. Thisinteractive multimedia uses multimedia types of tutorialsfromtheAlessiandTrolliptheories. The researchsubjectswerefromstudents of SMK Negeri 5 Malang majoringin Multimedia Class X with a total of 33 students.

The results of thetestsconductedatthe State VocationalSchool 5 Malang majoringin Multimedia Class X haveobtainedfromtheresults of media expertsobtained a value of 96.3% and material expertsobtained a value of 95%. Whiletheresults of individual trials on studentsoraudiencesobtained a value of 79.2%, smallgrouptrialsobtained a value of 88.3%, andfieldtrialsobtained a value of 87.5%. In analyzingthetestresults of learningteststudents as many as 33 people. The number of studentswhohavereached KKM is 25 peoplewith a percentage of 75.76%. Fromthe data concludedthatstudentsuseanAndroid-basedinteractive multimedia application on Javaneselanguagesubjects, Javanesescript material includingthecategoryisquiteeffective.

The use of Javanese script applicationproductsdoes not requireassistancefromteachersorothereducatorsbecauseitisexpectedtomakestudentslearnindependentlyandusetheapplicationanytimeandanywhere.