SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyelenggaraan Blended Learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang

ramadani ananda dwi

Abstrak


RINGKASAN

Ramadani, Ananda. D. 2019. Penyelenggaraan Blended Learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Dr. Agus Wedi, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: penyelenggaraan, blended learning, teknologi pendidikan

Penggunaan blended learning dalam pembelajaran juga dirasakan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan.Jurusan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi belajar dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan merupakan jurusan yang melakukan uji coba atau riset tentang pembelajaran blended learning dari tahun 2005 hingga saat ini. Pembelajaran yang menggunakan blended learning kini telah diatur pada pedoman pendidikan Universitas Negeri Malang 2018/2019 tentang sistem pengolaan pembelajaran dengan menggunakan SIPEJAR.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penyelenggaraan blended learning di jurusan Teknologi Pendidikan dari perancangannya, pelaksanaan serta faktor-faktor yang berpengaruh, dan evaluasi pembelajaran blended learning.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil peneliti adalah mahasiswa angkatan 2016 yang sedang mengikuti perkuliahan Lingkungan Belajar. Wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah, dan beberapa mahasiswa angkatan 2016 yang sedang mengikuti mata kuliah lingkungan belajar.

Penyelenggaraan blended learning di jurusan Teknologi Penddikanpada mata kuliah lingkungan belajar sudah menyiapkan perencanaan pembelajaran dari segi pertemuan kelas, pertemuan online, penilian pembelajaran serta kesiapan sumber daya untuk mendukungpelaksanaan. Pada penerapanya di jurusan Teknologi Pendidikan menggunakan model yang paling sederhana yang menggambungkan tatap muka dan online learning 30-70%. Sumber daya manusia berpengaruh terhadap keberhasilan blended learning. Sarana dan prasarana yang ada di jurusan sudah cukup mendukung dengan pembelajaran blended learning. Evaluasi pembelajaran pembelajaran blended learning yang diterapkan di jurusan Teknologi Pendidikan menggunakan portofolio hasil mahasiswa. Sehingga dosen mampu mengamati kemajuan mahasiswa.

SUMMARY

Ramadani, Ananda.D. 2019.Implemention Blended Learning in Education Technology Department, State University of Malang.Essay, Education Technology Department, Faculty of Education, Malang State University. Advisor:(I) Dr. Sulthoni, M.Pd, (II) Dr. Agus Wedi, S.Pd, M.Pd

Keywords: blended learning, organizing, education technology

The use of blended learning in learning is also felt by the Department of Educational Technology. Departments that utilize information and communication technology to facilitate learning and solving learning and education problems. The Education Technology Department is a department that conducts trials or research on blended learning from 2005 to the present. Learning that uses blended learning is now regulated in the University of Malang 2018/2019 education guidelines on learning management systems using SIPEJAR.

The purpose of this study is to describe how the implementation of blended learning in Education Technology majors from the design, implementation and influential factors, and evaluation of blended learning.

In this study using descriptive qualitative methods. The source of the data taken by the researchers was a class of 2016 students who were attending the Learning Environment lecture. Interviews with lecturers, and several students in 2016 who are taking courses in the learning environment.

The implementation of blended learning in the Technology Department Education in the learning environment courses has prepared learning plans in terms of class meetings, online meetings, assessment of learning and readiness of resources to support implementation. At its application in Education Technology majors using the simplest model that combines face to face and 30-70% online learning. Human resources affect the success of blended learning. The facilities and infrastructure in the department are sufficiently supportive with blended learning. The evaluation of blended learning learning applied in the Education Technology department uses a portfolio of student results. So that the lecturer is able to observe the progress of students.