SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MULTIMEDIA TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 MALANG

anggraeni Riska Ditta

Abstrak


ABSTRAK

Anggraeni, Rizka Ditta. 2019. Pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd

Kata Kunci:Pengaruh,Multimedia Tutorial, Bahasa Indoneisa

Berdasarkan observasi yang dilakukan sekolah SMK Negeri 4 Malang kelas X, pembelajaran Bahasa Indonesia belum berjalan maksimal karena proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa juga mengalami kesulitan dan merasa bosandalam belajar karena materi hanya berasal dari penjelasan gru dan slide di power point.Penyampaian materi secara berlanjut pada setiap pertemuan, membuat siswa yang belum memahami materi di awal menjadi tertinggal dan mengakibatkan hasil belajar tidak maksimal saat diadakan tes.

Penggunaanmultimedia tutorial dapat membuat suasana belajar menjadi lebihinteraktif sehingga proses pembelajaran menjadi  kondusif, dan juga mampu memaksimalkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaranBahasa Indonesia.Selain itu multimedia tutorial memberikan pilihan pada siswa untuk belajar dengan mandiri danmembuat siswa belajar dengan nyaman, sesering yang mereka mau untuk meninjau materi atau memahami konsep.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia tutoial terhadap hasil belajar danmembuktikan apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan multimedia tutorialdengan siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Peneliti membandingkan hasil belajar dari dua kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibandingkan adalah kelompok eksperimen (X Mekatronika) dan kelompok kontrol (X TKJ A).

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, Berdasarkan tabel Statistik Uji, nilai PadaEqual variance assumeddapat dilihat bahwa uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan thitungsebesar -4,767. Nilai ttabel yang didapat dari data ini 1,994 dengan df = 68 dan taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung -4,767lebih kecil dari ttabel 1,994 dan nilai sig (2-tailed)0,000lebih kecil dari 0,05. Diperoleh thitungnegatif karena penelitian ini memakai uji 2 arah meskipun hasil thitungnegatif  atau positif tidak diperhatikan. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karena Ha diterima maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial.

ABSTRACT

Anggraeni, Rizka Ditta. 2019. Pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd

Keywords: Effect, Multimedia Tutorial, Indonesian

Based on observations in Malang grade X Vocational High School 4 in Malang, Indonesian language learning has not run optimally because the learning process still uses conventional learning. Students also experience difficulties and feel bored in learning because the material only comes from explanations of gru and slides in power point. Submission of material continues at each meeting, making students who do not understand the material at the beginning become left behind and result in learning outcomes that are not optimal when the test is held.

The use of multimedia tutorials can make the learning atmosphere more interactive so that the learning process becomes conducive, and also able to maximize the learning outcomes of class X students on Indonesian subjects. In addition multimedia tutorials give students the choice to learn independently and make students learn comfortably, as often as they want to review material or understand concepts.

This research was conducted with the aim to determine the effect of the use of tutoial multimedia on learning outcomes and prove whether there are significant differences in learning outcomes between students who use multimedia tutorials and students who do not use tutorial multimedia.

The research conducted is quantitative experimental research with the research design of Nonequivalent Control Group Design. The researcher compared the learning outcomes of two different groups. The comparison group was the experimental group (X Mechatronics) and the control group (X TKJ A).

Based on the results of the data analysis, Based on the Test Statistics table, the value of the Equal variance assumed can be seen that the t test shows the value of sig (2-tailed) of 0,000 and t-count of -4,767. The ttable value obtained from this data is 1,994 with df = 68 and a significance level of 5%. So it can be concluded that t -4.767 is smaller than ttable 1.994 and the sig (2-tailed) 0.000 value is smaller than 0.05. Negative tcount was obtained because this study used a 2-way test even though negative or positive t-count results were not considered. Based on the hypothesis test, the alternative Hypothesis (Ha) is accepted. Because Ha is accepted, it can be stated that there are differences in student learning outcomes using multimedia tutorials with students who do not use tutorial multimedia.