SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran Bisindo Tema 4 Subtema 2 Kelas IV Untuk Siswa Tunarungu Di SDLBN Kedungkandang 4 Kota Malang Tahun Ajaran 2018/2019

Sulung Yanuar Anugerah

Abstrak


Kata kunci : Pengembangan Video , Tunarungu , Bahasa Isyarat Indonesia

Latar belakang dari penelitian ini adalah:

1) Siswa Tunarungu mengalami kesulitan dalam menerima dan menyampaikan materi

 2) Siswa Tunarungu kurang dapat memahami hal yang bersifat abstrak dan verbal dan 3) Guru kekurangan media pembelajaran berupa video pembelajaran BISINDO.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran BISINDO yang layak dan efektif untuk Siswa Tunarungu agar lebih mudah dalam menerima dan menyampaikan materi. Bahasa isyarat Indonesia atau yang dikenal dengan BISINDO digunakan oleh para tunarungu dan tunawicara untuk saling berkomunikasi dengan sesamanya ataupun dengan orang normal pada umumnya. Bahasa isyarat yang sangat mengutamakan aspek nonverbal akan membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari jika menggunakan metode belajar konvensional seperti membaca buku ataupun melihat gambar penjelas saja. Dibutuhkan video pembelajaran bahasa isyarat yang dapat membantu penggunanya mempelajari bahasa isyarat dengan mudah.

Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan melihat kelayakan produk tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah :

 (1) Menghasilkan video pembelajaran materi BISINDO untuk siswa tunarungu SDLBN Kedungkandang 4 Kota Malang

(2) Mengetahui kelayakan terhadap media video pembelajaran materi BISINDO

(3) Mengetahui respon siswa terhadap media video pembelajaran materi BISINDO.

Hasil dari pengembangan video pembelajaran ini adalah sebuah video pembelajaran bahasa isyarat Indonesia yang dapat menampilkan video gerakan bahasa isyaratnya. Hasil pengujian video pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan video pembelajaran memiliki kualitas yang sangat baik. Begitu juga hasil pengujian pengguna video pembelajaran yang dilakukan kepada 6 orang pembelajar bahasa isyarat menunjukkan video pembelajaran memiliki kualitas fungsional yang sangat baik.

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran kamus bahasa isyarat Indonesia yang valid dapat digunakan sebagai alat bantu belajar bahasa isyarat Indonesia dan dapat membantu proses pembelajaran seperti apa yang telah direncanakan sebelumnya.