SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN KEPUASAN LAYANAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA KONSENTRASI DIKLAT DAN KURIKULUM PADA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Retno Agustin

Abstrak


Kata Kunci: Kepuasan, Layanan, Pengelolaan Pembelajaran

Teknologi Pendidikan hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Hal tersebut ditunujukkan dengan program konsentrasi yang diselenggarakan yaitu konsentrasi diklat dan kurikulum yang berfokus pada pendidikan disekolah maupun pendidikan luar sekolah. Pembelajaran yang dilaksanakan pada dua konsentrasi tersebut sangat membutuhkan peran dosen sebagai fasilitator. Dosen diharapkan mampu menjadi teman belajar bagi mahasiswa. Untuk melahirkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan etika praktik yang baik, diperlukan layanan pengelolaan yang baik dari seorang fasilitator.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diselenggarakannya dua konsentrasi yaitu konsentrasi diklat dan kurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan UM yang mana pada masing-masing konsenterasi tersebut memiliki metode belajar yang berbeda. Selain itu jumlah mahasiswa dari masing-masing konsentrasi juga memiliki perbedaan yang signifikan, konsentrasi diklat dengan dengan jumlah 52 mahasiswa sementara konsentrasi kurikulum dengan jumlah 20 mahasiswa. Mengingat konsentrasi kurikulum merupakan konsentrasi yang notabene lama sedangkan konsentrasi diklat merupakan konsentrasi yang baru dimana angkatan 2015 adalah angkatan yang pertama kali mengikuti perkuliahan di konsentrasi diklat.

Penelitian bertujuan untuk  membuktikan dugaan adanya perbedaan kepuasan layanan pengelolaan pembelajaran mahasiswa konsentrasi kurikulum dan konsentrasi diklat. Peneliti menggunakan metode campuran model Sequential Eksplanatory dimana data kuantitatif lebih dominan dan data kualitatif dijadikan sebagai data pendukung.  Pengambilan data dilakukan dengan mengambil data kuantitatif melalui kuesioner terlebih dahulu, kemudian selanjutnya pengambilan data kualitatif melalui wawancara responden. Responden yang dilibatkan sebanyak 72 mahasiswa. Berdasar uji hipotesis independent sample  T-Test diperoleh bahwa signifikansi (2-tailed) 0,57 > 0,05. Artinya tidak terdapat perbedaan kepuasan layanan pengelolaan pembelajaran mahasiswa konsentrasi diklat dan kiurikulum pada jurusan Teknologi Pendidikan UM.