SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017

Mustafid Moh. Fahmil

Abstrak


Ringkasan

Mustafid, Moh. Fahmil. 2019. Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Wedi, S.Pd., M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si.

Kata Kunci:IndeksPrestasiKumulatif, gayabelajar, prestasibelajar.

Dalamkeseluruhan proses pendidikan, kegiatanpembelajaranmerupakankegiatanpokokdidalamnya. Dalam proses pembelajaran, salahsatuhal yang harusdipertimbangkanpendidikadalahgayabelajar yang dimilikipesertadidik. Gaya belajarsangatberpengaruhdalamsuatu proses belajarmengajarkarenajikasetiap orang telahmemahamigayabelajarnyamasing-masingakancepatdanmudahdalammenerimainformasiataupunpengetahuanbaru. Gaya belajarterbagimenjaditigajenis: visual (penglihatan), auditori(pendengaran), dankinestetik (praktikataupengaplikasian). Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaan IPK berdasarkangayabelajarpadamahasiswaTeknologiPendidikanUniversitasNegeri Malang (TEP UM) angkatan 2017.

Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodekomparatif. Respondendalampenelitianiniadalahseluruhmahasiswa TEP UM angkatan 2017. Alatukur yang digunakanuntukmelihatgayabelajarmahasiswapadapenelitianiniadalahkuesionerbaku yang diambildaribukuQuantum Teachingkarya Bobbi DePorterdkk. Sedangkan IPK mahasiswadidapatdarisubagakademikFakultasIlmuPendidikansehingga data IPK yang diperoleh valid danakurat. Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahujiOne Way Anovaatauujianovasatujalur. PenggunaanujiOne Way Anovabertujuanuntukmengetahuiperbedaan rata-rata antaraduaataulebihkelompoksampeldanmengujihipotesispenelitian.

Dari ujiOne Way Anovadidapatkan rata-rata IPK untukgayabelajar visual adalah 3,4550, gayabelajarauditori rata-rata IPKnya 3,4584, gayabelajarkinestetik rata-rata IPKnya 3,5467, gayabelajar visual-auditori rata-rata IPKnya3,3588, sedangkangayabelajar visual-kinestetik rata-rata IPKnyaadalah 2,9860. Berdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwaterdapatperbedaan IPK yang signifikanberdasarkangayabelajarpadamahasiswajurusan TEP UM angkatan 2017, yang dibuktikandengantarafsignifikansipadaujiOne Way Anovasebesar 0,000. Karenatarafsignifikansilebihkecildari 0,05 makapadahipotesis yang telahdisusunsebelumnyadinyatakanmenolak H0danmenerima Ha, ataudapatdikatakanterdapatperbedaan IPK yang signifikanantaramahasiswa yang bergayabelajar visual, auditorial, dankinestetik di TEP UM angkatan 2017.