SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DILENGKAPI DENGAN SIMULASI UNTUK MEMVISUALISASIKAN REAKSI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA KELAS XI

Iswara Gian Perdana Saka

Abstrak


RINGKASAN

Iswara, Gian Perdana Saka. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktifdilengkapi

denganSimulasiuntukMemvisualisasikanReaksi Kimia padaMateriLarutanPenyangga SMA kelas XI. Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.DediKuswandi, M.Pd., (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd

Kata Kunci: multimedia interaktif, simulasi, larutanpenyangga

Pemahamansiswapadakonseplarutanpenyanggabelumsepenuhnyatercapaisecaramaksimaldanmasihbanyaksiswa yang mengalamikesulitandalammemahinya. Kesulitansiswadalammemahamimaterilarutanpenyanggadisebabkanolehrendahnyatingkatpemahansiswadalamtiga level representasikimiayaitumakroskopik, submikroskopik, dansimbolik. Proses pembelajarankimiapadamaterilarutanpenyangga yang diterapkan di SMAN 1 Pandaanselamainibelumbisamenyampaikankonseppada level submikroskopiksecaramaksimal.Sedangkan, padakonseplarutanpenyanggamembutuhkanpemahaman yang mendalampada level submikroskopikkarenaterdapatbanyakreaksi-reaksikimia yang digunakanuntukmemahamikomponen, sifat, danprinsipkerjadarilarutanpenyangga.Olehkarenaitudalammemahamikonseplarutanpenyanggasecarautuhdibutuhkan media dalammemvisualisasikanreaksikimiapada level submikroskopikyaituberupa multimedia interaktif yang dilengkapidengansimulasi. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkan multimedia interaktifdilengkapidengansimulasi yang menarik, praktis, danlayakdigunakandalampembelajaransertamengujiefektivitas multimedia interaktif yang dikembangkan.

Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembangan 4-D yang dikembangkanolehThiagarajan. Model penelitiandanpengembangan 4-D memilikiempattahapyaitu:

(1) define (membatasi),

(2) design (merancang),

(3) develop (mengembangkan), dan

(4) disseminate (menyebarkan). Penelitianinihanyadilakukansampaitahapketigayaitu develop (mengembangkan) karenaadanyaketerbatasanbiayadanwaktu. Multimedia interaktif yang dikembangkandibuatmenggunakanaplikasiMicrosoft Office Power Point 2013dandidukungolehbeberapasoftware lain sepertiChemdrawuntukmenggambarkanbentukmolekuldalammaterilarutanpenyanggadanCorelDRAW X7 untukmembuatdesaintampilandari multimedia interaktif.

Penelitiandanpengembangan multimedia interaktifinimenggunakaninstrumenpengumpulan data berupaAngketdanTes. Terdapattigajenisangket yang digunakan, yaituangketvalidasiahli media, angketvalidasiahlimateri, danangketujicobaproduk. Jawabanresponden yang terdapatdalamangketmeggunakanskalabertingkat (skalalikert), hasilangketdianalisissecaradeskriptifdenganmenggunakanpresentaseuntukmenentukankelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan. Tes yang digunakanberupatesawal (pre-test) dantesakhir (post-test), hasilpre-testdanpost-testkemudiandianalisisdenganmembandingkannilaipre-testdannilaipost-test untukmenentukantingkatefektivitasdari multimedia interaktif yang dikembangkan.

Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkan

1) Hasilujivaliditasdariahlimaterimendapatskorpenilaian rata-rata sebesar 97,7% dengankriteriasangatlayakdanhasilvaliditasdariahli media mendapatkanskorpenilaian rata-rata sebesar 98% dengankriteriasangatlayaksertaujicoba multimedia interaktifpadakelompokkecilmendapatkanskorpenilaian rata-rata sebesar 86,4%. Ujicobakelompokbesar multimedia interaktif yang dikembangkanmendapatkanskorpenilaian rata-rata sebesar 85,3% dengankategorisangatlayak;

 2) Padaujiefektivitas multimedia interaktif, siswamemperoleh rata-rata nilaipre-testsebesar 57,6 dan rata-rata nilaipost-testsebesar 83,2. Analisisnilai pre-test dan post-test mendapatkanhasilnilaigainyaitusebesar 0,60dengankategorisedangataucukupefektif. Berdasarkanhasilvalidasiahli, penilaiansiswasertaujiefektifitas, multimedia interaktifdilengkapidengansimulasiuntukmemvisualisasikanreaksikimiapadamaterilarutanpenyangga SMA kelas XI valid, layakdancukupefektifdigunakandalampembelajaran.