SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Tsuwaybah Al Aslamiyah

Abstrak


Kata Kunci : blended learning, kemandirian belajar

Sudah seharusnya jika mahasiswa menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk memecahkan suatu masalah. Akan tetapi lingkungan pendidikan tidak memposisikan untuk mengajarkan kemampuan tersebut kepada mahasiswa. Perkembangan pembelajaran di era digital native telah mendorong munculnya blended learning sebagai model pembelajaran yang dirasa sangat sesuai dan mendukung perkembangan zaman.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan pada saat diterapkan blended learnig. Responden dalam penelitian ini berjumlah 96 (sembilan puluh enam) mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan 2016 universitas negeri malang. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini, mahasiswa diberikan kuesioner terkait blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa. Ada 6 (enam) indikator kemandirian belajar dan 5 (lima) indikator penerapan blended learning yang akan dijadikan acuan dalam penelitian ini.

Hasil dari Analisis data mengungkapkan bahwa kemandirian belajar berdasarkan indikator 1) ketidaktergantungan terhadap orang lain presentase hasilnya adalah 78,19%, 2) memiliki kepercayaan diri presentase hasilnya adalah 75,347 %, 3) berperilaku disiplin presentase hasilnya adalah 74,305 %, 4)  memiliki rasa tanggung jawab presentase hasilnya adalah 77,60 %, 5) berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri hasil presentasenya adalah 74,80 %, dan 6) melakukan kontrol diri hasil presentasenya adalah 76,388 %. Sedangkan dalam variabel penerapan blended learning terdapat 5 (lima) indikator, antara lain  : 1) kebutuhan blended learning presentase hasilnya adalah 79,69 %, 2) perencanaan pembelajaran presentase hasilnya adalah 76,17%, 3) pelaksanaan pembelajaran presentase hasilnya adalah 76,3%, 4) evaluasi pembelajaran presentase hasilnya adalah 74,74%, dan 5) dampak penerapan blended learning terhadap kemandirian belajar presentase hasilnya adalah 77,6%. Dengan menggunakan blended learning mahasiswa lebih dimudahkan dalam proses pembelajarannya.