SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Pembelajaran Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas 5 di MI AR Raudhah Lawang

Prasetiawan Febri

Abstrak


ABSTRAK

Prasetiawan, Febri. 2019. Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Pembelajaran Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas 5 di MI AR Raudhah Lawang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd, (II) Eka Pramono Adi, S.Ip, M.Si.

Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia, puzzle, kemerdekaan Indonesia.

Multimedia merupakan sekumpulan media teks, gambar, audio, animasi, dan video yang dimanfaatkan menunjang keefektifan dan penyampaian informasi ke-pada siswa dalam pembelajaran.Media gambar dapat diterima dengan anak gaya belajar visual, gambar mempunyai kelemahan sebagai media pembelajaran yang hanya berupa visual, sehingga menambahkan puzzle agar anak yang memiliki ga-ya kinestetik bias memanfaatkan menyusun potongan-potongan puzzle, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Pembahasan dengan materi memproklamasikan kemerdekaan Indonesia memiliki masalah yang dihadapi berupa

(1) siswa sulit berkonsentrasi,

(2) siswa sulit memahami materi yang terlalu banyak, dan

(3) mi-nat membaca siswa kurang.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia ke-merdekaan Indonesia yang valid pada materi sejarah pembahasan perjuangan me-mproklamasikan kemerdekaan Indonesia kelas 5 di MI AR-Raudhah Lawang.

Model pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari model penge-mbangan Sadiman dan Lee & Owens, meliputi identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, desain, pe-ngembangan, validasi kepada ahli materi, ahli media, dan siswa (implementasi), revisi, dan media siap.

Hasil validasi multimedia kemerdekaan Indonesia adalah ahli media menda-patkan skor sebesar 97,85%, ahli materi mendapatkan skor sebesar 89,81%, dan audiens dari uji perorangan (dua orang) sebesar 95,19%, uji coba kelompok kecil (tujuh orang) sebesar 92,41%, dan uji coba lapangan (22 orang sebesar 86,31%. Hal ini menunjukan multimedia kemerdekaan Indonesia dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia ini dinyatakan efektif dengan tes hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (≥ 70), pada uji coba perseorangan hasil skor rata-rata pre-test sebesar 50%, meningkat sebesar 100% pada post-test. pada uji coba kelompok kecil hasil skor rata-rata pre-test sebesar 37,14%, meni-ngkat sebesar 81,43% pada post-test. pada uji coba lapangan hasil skor rata-rata pre-test sebesar 40,9%, meningkat sebesar 85% pada post-test. Saran yang diberikan peneliti yaitu

(1) untuk peneliti lebih lanjut, multimedia ini sebaiknya dikembangkan lebih baik lagi, tepat guna, dan tepat sasaran sehing-ga sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran.

(2) untuk guru mata pelajaran harus membaca petunjuk pemanfaatan, menjelaskan kepada siswa secara singkat sebelum pemanfaatan multimedia, membimbing siswa dalam pe-manfaatan multimedia dan memfasilitasi tanya jawab tambahan.

(3) untuk siswa, meningkatkan keterampilan dalam pengoperasian komputer untuk memudahkan pemanfaatan multimedia kemerdekaan Indonesia.