SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas dan Zina untuk Kelas X SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo

Rizal Saiful

Abstrak


RINGKASAN

Rizal, Saiful. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas dan Zina untuk Kelas X SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd.

Kata Kunci    : Pengembangan, Multimedia Interaktif, PAI SMA.                

Dalam dunia pendidikan dibutuhkan media untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah proses pembelajaran. Multimedia interaktif dalam pembelajaran akan membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan efektif. Validitas diperoleh dari uji ahli media, ahli materi, dan siswa. Sedangkan keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian R&D. Sedangkan model pengembangan menggunakan model pengembangan dari  Lee dan Owens dengan alur : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Subjek  penelitian dalam validasi yaitu siswa SMA Negeri 1 Dringu kelas X IPA 1 berjumlah 30 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas dan Zina ini memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 96.25%, ahli materi 97,5%, dari uji coba perseorangan 90%, dari uji coba kelompok kecil 94.75%, dan dari uji coba lapangan 90%. Multimedia interaktif ini dinyatakan efektif, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang baik dengan jumlah 27 siswa mendapatkan nilai di atas KKM, dan 3 sisanya belum mencapai KKM. Hasil ini diambil dari hasil tes belajar setelah menggunakan multimedia interaktif. Presentase dari hasil tes belajar menggunakan multimedia interaktif adalah 90%.

Dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif pendidikan agama islam dan budi pekerti materi pergaulan bebas untuk kelas X di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo valid dan efektif sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri. Dalam pemanfaatan multimedia interaktif, sebaiknya pengguna sudah terbiasa mengoperasikan komputer atau laptop dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan teliti dan cermat, agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia interaktif pengguna tidak mengalami kesulitan.

SUMMARY

Rizal, Saiful. 2019. Development of Interactive Multimedia in Islamic Religious Education on Free and Adultery Relationship Materials for 10th Grade at SMAN 1 Dringu, Probolinggo Regency. Thesis, Education Technology Department, Faculty of Education, State University of Malang.

Advisor: (I) Dr. Anselmus JE Toenlioe, M.Pd. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd.

Keywords : Development, Interactive Multimedia, PAI SMA.              

In the world of education media is needed to support learning activities. Education by utilizing technology will facilitate the learning process. Interactive multimedia in learning will help facilitate the teacher in delivering the material and facilitate students in understanding the material presented.

The purpose of this development is to produce valid and effective interactive multimedia. Validity is obtained from testing media experts, material experts, and students. While effectiveness is obtained from student learning outcomes tests.

This research uses quantitative and qualitative approaches with the type of R & D research. While the development model uses a development model from Lee and Owens with a plot: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. The research subjects in the validation were 30 students of Dringu 1 Public High School class 1 IPA. The types of data used are quantitative and qualitative data.

The results of the development of Interactive Multimedia in Islamic Education The Free and Adultery Relationship Material fulfills the valid criteria, namely, media experts 96.25%, material experts 97.5%, fromindividual trials 90%, from small group trials 94.75%, and from field trials 90%. This interactive multimedia is declared effective, this is evident from the good student learning outcomes with the number 27 students getting scores above the KKM, and the remaining 3 have not yet reached the KKM. These results are taken from the results of learning tests after using interactive multimedia. The percentage of the results of the learning test using interactive multimedia is 90%.

It can be concluded that the development of interactive multimedia in Islamic religious education and character free material for class X at SMAN 1 Dringu Probolinggo Regency is valid and effective as one of the learning media independently. In the use of interactive multimedia, we recommend users already accustomed to operating a computer or laptop and reading utilization instructions carefully and carefully, so that later in operating the user's interactive multimedia no trouble.