SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GAYA BELAJAR VARK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SCREENCAST TERHADAP HASIL BELAJAR

RACHMADI MUHAMMAD ARIO

Abstrak


RINGKASAN

Rachmadi, M. Ario. 2019. Pengaruh Gaya Belajar VARK Dalam Penggunaan Media Screencast Terhadap Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J. E. Toenlioe, M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

 

Kata Kunci: Gaya Belajar Visual, Auditori, Read, Kinestetik, Screencast, Hasil Belajar.

Pembelajaran bukanlah sebuah proses yang singkat dan terukur dengan angka yang pasti, melainkan pembelajaran merupakan sebuah proses long life atau sepanjang hayat tidak terbatas dan dapat terus berkembang sesuai dengan kemampuan serta dorongan yang datang dari diri maupun luar individu. Terdapat empat modalitas dalam gaya belajar yaitu visual, auditorial, read, dan kinestetik. Dalam penelitian ini, menggunakan preferensi sensori yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Alasan digunakannya preferensi sensori karena dalam proses kegiatan belajar siswa dapat diamati melalui alat indera. Berdasarkan preferensi sensori, pelajar visual belajar melalui sesuatu yang mereka lihat, auditorial belajar dengan cara mendengar, dan kinestetik belajar dengan gerak, bekerja, dan menyentuh.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh gaya belajar vark terhadap hasil belajar mahasiswa teknologi pendidikan offering A 2017. Penelitian lapangan yakni pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif dengan menggunakan angket atau kuesioner VARK versi 7.0. Prosedur penelitian pada penelitian ini adalah pada saat responden akan mengisi kuesioner, sebelumnya peneliti menjelaskan secara keseluruhan sampai mahasiswa paham lalu mengisi kuesioner tersebu dengan benar. Namun penelitian ini hanya dilaksanakan satu kali pada akhir pertemuan mata kuliah di semester itu.

Dari hasil penelitian Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diketahui bahwa terdapat pengaruh pada masing-masing gaya belajar terhadap hasil belajar. Pengaruh yang ditimbulkan gaya belajar visual sebesar 3,175 atau sebesar 31,7%, pada gaya belajar auditori sebesar 2,846 atau sebesar 28,4%, pada gaya belajar read sebesar 0,704 atau sebesar 7,04%, dan pada gaya belajar kinestetik sebesar 1,270 atau sebesar 12,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada dasarnya lebih banyak siswa menggunakan gaya belajar Visual dalam mencapai hasil belajar yang maksimal.