SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IlmuPengetahuan Sosial Tentang Kehidupan Pada Masa PraAksara Kelas VII SMPN 9 Mojokerto

NANDA PUTRA ANUGRAH

Abstrak


Kata kunci :Pengembangan, Multimedia Interaktif, Ilmu Pengetahuan Sosial

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dibidang pendidikan membuat pengaruh yang sangat baik dalam majunya dunia pendidikan. Masuknya teknologi dibidang pendidikan melahirkan bermacam-macam media pembelajaran baru yang berbau teknologi. Hadirnya media pembelajaran dapat memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang paling menonjol dalam proses pembelajaran adalah kurangnya minat belajar pada siswa dan kurang noptimalnya penggunaan komputer dalam proses pembelajaran khususnya pada matapelajaran IPS. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Kehidupan Pada Masa Pra Aksara KelasVII di SMPN 9 Mojokerto.

Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan multimedia interaktif pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Kehidupan Pada Masa PraAksara padakelasVII SMPN 9 Mojokerto.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangandari Lee & Owens (2004) dengan alur Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.

 

Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini telah diuji cobakan dengan hasil, ahli media 90% dinyatakanvalid, ahli materi 93,5% dinyatakan valid,hasil uji coba perorangan92,5% dinyatakan valid, hasil uji coba kelompokkecil 93,5% dinyatakan valid, dan hasil uji coba kelompok besar92,5% dinyatakan valid.Dengan demikian media pembelajaran interaktif dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran IPS adalah hendaknya media pembelajaran interaktif ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk siswa meningkatkan kebiasaan belajar secara mandiri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti komputer. Multimedia pembelajaran interaktif ini sebagai salah sumber pengetahuan untuk siswa dalam mempelajari matapelajaran IPSkehidupan pada masa Praaksara.