SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Linier untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang

Hidayati Amilia Sholikh

Abstrak


RINGKASAN

Hidayati, Amilia Sholikh. 2019. Pengembangan Multimedia Linier untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Eka Pramono Adi, S.I.P, M. Si.,

(II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia linier, Pemahaman, IPA

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan kompetensi dasar pokok dalam kurikulum pembelajaran sekolah dasar di Indonesia. Salah satu tujuan IPA Sekolah Dasar mengembangkan pengetahuan serta pemahaman tentang konsep IPA yang dapat diterapkan dan dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran IPA harus diajarkan dengan semaksimal mungkin agar siswa bisa memahami materi dan menjadi pengetahuan awal siswa untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia linier untuk meningkatkan pemahaman pada materi Gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang yang valid atau efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan multimedia linier menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation.

 

Hasil validasi multimedia linier yang dilakukan oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 93.7% yang berdasarkan kriteria media valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 98.7% yang berdasarkan kriteria media valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba pada siswa kelas IV SDN Sukoiber 1 diperoleh hasil keseluruhan 96.4% yang berdasarkan kriteria media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test persentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 86, 95% berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan multimedia linier termasuk dalam kriteria efektif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Gaya. Hasil peningkatan pemahaman materi Gaya berdasarkan data uji N-Gain diperoleh nilai gain sebesar 0, 71. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan termasuk kriteria (N-gain > 0, 7), peningkatan pemahaman materi Gaya tergolong Tinggi.