SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MTS RAUDLATUL ULUM KARANGPLOSO

Wardani Shinta Kusuma

Abstrak


RINGKASAN

Wardani, Shinta Kusuma. 2019. Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA PokokBahasanSistem Tata Surya Kelas VII Mts Raudlatul Ulum Karangploso Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Prof. Dr. PunajiSetyosari, M.Ed.,

(II) ArafahHusna, S.Pd.,M.Med.Kom.

 

Kata Kunci:MediaPembelajaran, Multimedia Tutorial, Sistem Tata Surya

Teknologi informasi saat ini sangatlah berkembang dengan pesat, ilmu pengertahuan sudah berkembang sesuai zaman, proses pembelajaran juga membutuhkan sarana dan prasarana yang optimal untuk perkembangan berpikir siswa yang kritis. Proses pembelajaran adalah proses komunikasi antara guru dan siswa melalui bahasa verbal sebagai media yang terpenting dalam penyampaian materi pembelajaran. Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh guru sebagai sumber belajar. Pada kondisi semacam ini, keberlangsungan pembelajaran tidak akan berjalan optimal karena pembelajaran berpusat pada guru, ketika guru tidak hadir dalam proses pembelajaran hal ini menyebabkan tidak ada proses pembelajaran di kelas.

Semakin pesatnya teknologi informasi salah satunya di pengaruhi oleh perkembangan komputer yang semakin maju, sehingga dapat dikatakan perkembangan keduanya sanga terat dan senantiasa berjalan beriringan. Salah satu aplikasi dari perkembangan kedua teknologi ini yang sekarangsedang di kembangkan dalam dunia pendidikan adalah pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran ini bagian dari sumber belajar yang sengaja dibuat (learning resources by design) sebagai sarana pendukung atau pelengkap yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, menstimulus pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia tutorial untuk kelas VII SMPyang valid/layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian  dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Multimedia Based Instructional Design. Setelah mengembangkan produk, akan dilaksanakan validasi oleh para ahli dan uji coba multimedia tutorial. Validasi dilaksanakan oleh satu orang Ahli Materi dan satu orang Ahli Media, kemudian setelah mendapatkan perbaikan multimedia akan di uji coba pada 30peserta didik kelas VII di MTs Raudlatul Ulum Karangploso.

 

Dalam pelaksanaan validasi Ahli Materi dan Media menilai multimedia tutorial layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Materi dan Media adalah 90,4% dan 90,3%. Dalam uji coba multimedia tutorial mendapatkan hasilrespon yang cukup baik, saat pelaksanaan uji coba diperoleh persentase sebesar 81,06% dan komentar yang sangatpositif, siswa merasa senang, termotivasi untuk belajar, dan tidak merasa bosan ketika belajar dengan menggunakan multimedia tutoria lini.. Sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia tutorial valid/layak untuk digunakan dan membuat proses belaja rmenjadi tidak membosankan, menyenangkan, dapat memotivasi peserta didik.