SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Tutorial Bahasa Isyarat Untuk Siswa Tunarungu SLB BC Kepanjen

Zaubaidah Nikolawatin

Abstrak


Kemajuan teknologi di jaman ini tidak diragukan lagi , karena sudah banyak teknologi yang ada termasuk media pembelajaran . Saat ini sudah begitu banyak media pembelajaran yang diciptakan. Khususnya media pembelajaran yang menggunakan teknologi sebagai dasarnya. Dengan menggunakan teknologi yang sudah tidak perlu diragukan lagi saat ini, terciptalah media yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelelajaran. Media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran dalam kelas. Guru dapat menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam belajar, juga bisa digunakan untuk menarik konsentrasi siswa. Media pembelajaran video berbasis tutorial memiliki kelebihan didalamnya dengan visual yang sangat diperlukan oleh siswa tunarungu Penelitian pengembangan ini bertujuan unutk menghasilkan produk berupa video tutorial bahasa isyarat untuk membantu siswa tunarungu SLB BC Kepenajen dalam mempelajari bahasa isyarat.bahasa isyarat merupakan bahasa yang digunakan oleh penyandang tunarungu dalam berkomunikasi. Video tutorial dikembangkan sesuai dengan hasil pengamatan terhadap siswa tunarungu. Metode yang dig unakan dalam pengembangan ini adalah metode hasil adaptasi milik Lee & Owens (2004) .

Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas rendah SLB BC Kepanjen dengan menggunkaan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian pengembangan video tutorial bahasa isyarat termasuk dalam kategori valid dengan perolehan data dari ahli media sebesar 96% , ahli materi 87%, tanggapan guru, 80% , tanggapan siswa 87%. Data siswa juga diambil secara observasi untuk melihat tanggapan siswa secara langsung . Data rata-rata hasil belajar siswa SLB BC Kepanjen memperoleh presentase 73,3% . Melihat analisis data hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahawa pengembangan video tutorial bahasa isyarat cukup efektif untuk dimanfaatkan untuk media pembelajaran didalam kelas secara mandiri