SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Obyek 3 Dimensi Digital Vacuum Circuit Breaker Memanfaatkan Piramida Hologram

Kurniawan Dana

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, D. 2019. Pengembangan Media Obyek 3 Dimensi Digital Vacuum Circuit Breaker Memanfaatkan Piramida Hologram. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dra. Susilaningsih, M.Pd.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

 

Kata Kunci: Obyek 3 Dimensi Digital, Piramida Hologram

Era modern diindentikan dengan era masyarakat digital. Karena perkembangan teknologi di era modern saat ini semakin pesat ke arah serba digital. Kemajuan teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan pada segala aspek kehidupan. Generasi yang lahir pada era digital disebut generasi digital natives. Generasi menganggap bahwa teknologi digital merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupannya. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi pada proses pembelajaran generasi digital natives sangat dibutuhkan, mengingat generasi digital natives tidak dapat terpisahkan dari teknologi digital pada kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media obyek 3 dimensi (3D) digital vacuum circuit breaker yang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Multimedia Based Instructional Design. Setelah mengembangkan produk, produk akan dilaksanakan uji validasi dan uji coba. Uji validasi dilaksanakan oleh satu orang Ahli Media dan satu orang Ahli Materi, kemudian setelah mendapatkan perbaikan produk akan diuji coba pada 33 taruna semester dua di Politeknik Pelayaran Surabaya.

Uji coba kepada audiens/siswa dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:

(1) uji coba individu,

(2) uji coba kelompok kecil,

(3) uji coba lapangan.

Dalam pelaksanaan validasi Ahli Media dan Materi menilai Media Obyek 3 Dimensi Digital layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Media dan Materi adalah 95% dan 90%. Dalam uji coba Media Obyek 3 dimensi Digital Vacuum Circuit Breaker memberikan hasil yang cukup baik, saat pelaksanaan uji coba individu diperoleh persentase sebesar 88,8%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87,5% dan pada uji coba lapangan sebesar 86,7%. Sehingga diperoleh hasil bahwa  multimedia tutorial valid/layak untuk digunakan.

 

ABSTRACT

Kurniawan, D. 2019. The Development of 3-Dimensional Object Media Digital Vacuum Circuit Breaker Utilizing the Hologram Pyramid. Thesis, Study Program of Education Technology Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang.

Advisor:

(I) Dra. Susilaningsih, M.Pd.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.,

 

Keywords: 3-dimensional Digital Object, Hologram Pyramid

The modern era is identical with the era of digital society. It is because the development of technology in the modern era is increasing rapidly towards all digital things. Increasingly sophisticated technological advancements provide convenience in all aspects of life. The generation born in the digital era is called the generation of digital natives. The generation considers that digital technology is an inseparable part of their lives. Therefore, the use of technology in the learning process of digital natives’ generation is needed, considering that the generation of digital natives cannot be separated from digital technology in their lives. This study aims to produce a 3-dimensional (3D) object media digital vacuum circuit breaker that is valid / deserve to be used as a learning medium. This study used Research and Development methods (Research and Development) with the development model of Multimedia Based Instructional Design. After developing the product, the product was validated and tested. The validation tests were carried out by one Media Expert and one Material Expert, then after obtaining the improved product, it was tested on 33 second semester cadets at Surabaya Shipping Polytechnic.

The trials to the audience / students are carried out in three stages, namely:

(1) individual trials,

(2) small group trials,

(3) field trials.

 

In implementing the validation, the Media and Material Experts assess that the 3-dimensional (3D) object media digital is suitable to be used in learning process. The percentage value of the questionnaire validation of Media and Material Experts is 95% and 90%. In the Media trial, the 3-dimensional Object Media Digital Vacuum Circuit Breaker gives quite good results; the individual trials obtained a percentage of 88.8%, the small group trials obtained a percentage of 87.5% and 86.7%. in the field trials. Therefore, the results of the multimedia tutorial are valid / deserved to be used.