SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Linier Adaptasi dan Cara Berkembangbiak Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Nashrullah Nadhif

Abstrak


ABSTRAK

Nashrullah, Nadhif. 2019. Pengembangan Multimedia Linier Adaptasi dan Cara Berkembangbiak Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi,Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I) Dr. Sulton, M.Pd.,

(II) Dr. Yerry Soepriyanto, S.T, M.T.

 

Keywords: Pengembangan, Multimedia linier, IPA Sekolah Dasar.

Perubahan zaman seiring berjalannya waktu tentunya diiringi dengan adanya pengaruh globalisasi yang semakin berkembang pesat, disitulah masyarakat Indonesia dituntut untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan tentunya diharuskan untuk mengikuti segala perubahan-perubahan yang ada guna mengimbangi peningkatan kualitas mutu generasi penerus bangsa di masa mendatang. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tentunya harus menata setiap hal hal yang ada, salah satunya adalah media pembelajaran dalam memaksimalkan kompetensi pendidikan.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Pengembangan Multimedia linier pada Mata Pelajaran IPA tentang Adaptasi dan Cara Berkembangbuak Makhluk Hidup Kelas VI di SDN Merjosari 2 Malang yang valid dan efektif untuk pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Tahap-tahap dalam pengembangan media sesuai dengan model Sadiman meliputi tahapan sebagai berikut:

(1) menganalisis kebutuhan,

(2) merumuskan tujuan pembelajaran,

(3) pengembangan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan,

(4) pengembangan alat ukur evaluasi,

(5) penulisan naskah,

(6) produksi media,

(7) menyusun petunjuk pemanfaatan,

(8) validasi/tes,

(9) revisi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VI SDN Merjosari 2 Malang yang berjumlah 38 siswa.

 

Multimedia linier ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan uji coba pada siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh persentase 95%, ahli materi 91,25%, uji coba perorangan 93%, uji coba kelompok kecil 92,91%, dan uji coba kelompok besar 91,75%. Berdasarkan data tes hasil belajar diperoleh hasil pre-test 78,94% dan hasil post-test 97,36%. Berdasarkan hasil validasi dan tes hasil belajar, pengembangan multimedia linier ini memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia linier ini dikategorikan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tentang Adaptasi dan Cara Berkembangbuak Makhluk Hidup.