SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Animal Game Board Pembelajaran Tematik Hewan Sahabatku Termediasikan Augmented Reality Terintegrasi Teknologi Holografi

Agus Setiawan Anton

Abstrak


ABSTRAK

Agus Setiawan, Anton. 2019. Pengembangan Animal Game Board Pembelajaran Tematik Hewan Sahabatku Termediasikan Augmented Reality Terintegrasi Teknologi Holografi. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

Kata kunci: animal game board,augmented reality, holografi, media pembelajaran, piramida hologram.

Proses belajar dan pembelajaran merupakan sebuah sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang berinteraksi antara satu dengan yang lainnya secara keseluruhan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Minat belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi peserta didik untuk belajar. Untuk menumbuhkan minat belajar, salah satu caranya yaitu dengan mengemas pesan yang mudah diterima oleh peserta didik, menarik dan menyenangkan. Media pembelajaran dapat menjadi alat bantu atau sarana bagi guru untuk menyampaikan pikiran, infomasi  dan materi pelajaran kepada peserta didik. Pembelajaran tematik hewan sahabatku merupakan materi penting yang harus dipahami peserta didik tingkatan kelas 6 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam mengenal lingkungan hidup disekitarnya. Namun seringkali, peserta didik mudah bosan dan kesulitan dalam memahami dengan optimal materi pelajaran yang disampaikan guru melalui metode yang tidak student centered learning dan lebih terpusat pada satu buku sebagai rujukan. Melalui pendekatan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Lee and Owens (2004), pengembang membuat sebuah game pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi augmented reality yaitu sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya baik 2D maupun 3D ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Selain itu terintegrasi dengan teknologi holografi, Melalui aplikasi 3D hologram apps, animal board game memberikan informasi dalam marker/barcode yang termediasikan augmented reality kemudian akan diolah ke dalam aplikasi 3D hologram apps, selanjutnya aplikasi 3D hologram apps mengolah dan menampilkan informasi tersebut menjadi sebuah gambar yang utuh melalui sebuah piramida hologram. Produk tersebut telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicoba sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Diharapkan produk tersebut dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik dan menawarkan sebuah pendidikan yang berkualitas.

 

ABSTRACT

Agus Setiawan, Anton. 2019. Animal Game Board Development of Hewan Sahabatku Thematic Learning Mediated With Augmented Reality and Holographic Technology Integrated. Undergraduate Thesis, Educational Technology Department, Universitas Negeri Malang.

Supervisor:

(I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

 

Kata kunci: animal game board, augmented reality, holographic, learning media, hologram pyramid.

 

The process of learn and learning is a system consisting of components that interact between one and the other as a whole to achieve the learning objectives that have been previously set. Interest in learning is one of the factors that influence students to learn. To foster interest in learning, one way is to package messages that are easily accepted by students, interesting and fun. Learning media can be a tool or means for teachers to convey thoughts, information and subject matter to students. Thematic learning of hewan sahabatku is an important material at 6 degree of primary school that students must understand in recognizing the surrounding environment. But often, students are easily bored and have difficulty understanding the subject matter optimally delivered by the teacher through the lecture method is not student centered learning and more centered on one book as a reference. Through a development approach that refers to the development model of Lee and Owens (2004), the developer creates an interactive learning game that utilizes augmented reality technology, which is a technology that combines 2D and 3D virtual objects into the real environment and then projects these virtual objects in real time. Besides being integrated with holographic technology, Through the 3d hologram apps application, animal board games provide information in the marker / barcode mediated augmented reality then it will be processed into holographic apps 3d applications, then apps 3d hologram applications process and display the information into an image intact through a hologram pyramid. The product has been validated by material experts and media experts and has been implemented so that it is feasible to be used in classroom learning. It is expected that these products can help improve students' understanding and offer a quality education.