SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD

Putra Adesetyawan Pratama, Yerry Soepriyanto, Arafah Husna

Abstrak


RINGKASAN

Putra, Adesetyawan Pratama. 2019. Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

(II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom.

 

Kata Kunci: Multimedia, Game Edukasi, Masakan Khas

Perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini berpengaruh terhadap pembelajaran di lingkup pendidikan sekolah dasar dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi. Dalam jenjang pendidikan sekolah dasar, siswa lebih memiliki ketertarikan dengan sebuah permainan atau game yang mudah dimainkan. Pada usia sekolah dasar anak-anak akan lebih mengingat bentuk yang berupa benda atau tulisan-tulisan di buku maupun digital yang memiliki ciri-ciri warna yang dikombinasikan dengan bentuk yang mampu mencuri perhatian pengguna dan menyenangkan. Penerapan Kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan sekolah dasar merupakan kurikulum yang didesain untuk berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada pelaksanaannya masih ada sekolah yang belum mampu menerapkan kurikulum tersebut secara optimal. Kurangnya media pembelajaran yang mendukung student centered adalah salah satu penyebabnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Game Edukasi untuk kelas V SD yang valid/layak digunakan dan menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menarik perhatian siswa, tidak membosankan, menyenangkan, dan dapat memotivasi siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan Model Pengembangan Multimedia-Based Instructional Design. Setelah mengembangkan produk, akan dilaksanakan validasi oleh para ahli dan uji coba Multimedia game edukasi. Validasi dilaksanakan oleh satu orang Ahli Materi dan satu orang Ahli Media, kemudian setelah mendapatkan perbaikan Multimedia akan diujicobakan pada 27 siswa kelas V di SD Negeri 1 Jedong Kab. Malang.

Dalam pelaksanaan validasi Ahli Materi dan Media menilai Multimedia Game Edukasi valid/layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Materi 93,3% dengan revisi yaitu, memperhatikan kemenarikan dalam penyajian materi pada Multimedia game edukasi. Dan persentase nilai angket validasi Ahli Media 97,2% dengan revisi yaitu, menambahkan misi atau tantangan, menambahkan tujuan pembelajaran, dan menambahkan pesan sebagai informasi kepada guru atau orang tua. Dalam uji coba Multimedia Game Edukasi mendapatkan hasil respon yang cukup baik, saat pelaksanaan uji coba diperoleh persentase sebesar 90,2% dan komentar yang sangat positif, siswa merasa senang, termotivasi untuk belajar, dan tidak merasa bosan ketika belajar dengan menggunakan Multimedia game edukasi ini. Sehingga diperoleh hasil bahwa Multimedia game edukasi valid/layak untuk digunakan dan membuat proses belajar menjadi tidak membosankan, menyenangkan, dan dapat memotivasi siswa.

SUMMARY

Putra, Adesetyawan Pratama. 2019. Development of Educational Games Multimedia on the Diversity of Typical Cuisine of the Regions in Indonesia for Class V Elementary School. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Advisor:

(I) Dr. Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

(II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom.

 

Keywords: Multimedia, Educational Games, Typical Cuisine

Today's rapid technological development has an effect on learning in the scope of elementary school education and also influences learning the material and the way in which material is delivered. In the elementary school level, students have more interest in a game that is easy to play. At the age of elementary school children will remember more in the form of objects or writings in books or digital that have color characteristics combined with forms that are able to steal the user's attention and be pleasant. The application of the 2013 curriculum at the elementary school level is a curriculum designed to focus on student-centered learning. In its implementation, there are still schools that have not been able to implement the curriculum optimally. The lack of learning media that supports student-centered is one of the causes.

This study aims to produce an Educational Game Multimedia product for fifth-grade elementary school that is valid/feasible to use and creates a teaching and learning process that attracts students' attention, is not boring, fun, and can motivate students. This study uses Research and Development methods (Research and Development) with the development model of Multimedia-Based Instructional Design. After developing the product, validation will be carried out by experts and testing of educational games multimedia. Validation was carried out by one material expert and one media expert, then after getting multimedia repairs, it will be tested on 27 fifth grade students at Jedong District 1 Elementary School Kab. Malang.

In conducting the validation, Material and Media Experts assess the Educational Game Multimedia as valid/feasible to use in learning. Percentage of questionnaire value of Material Expert validation 93.3% with revision namely, paying attention to attractiveness in presenting material in educational games multimedia. And the percentage of Media Expert validation questionnaire values is 97.2% with revisions namely, adding missions or challenges, adding learning objectives, and adding messages as information to the teacher or parents. In the Educational Game Multimedia trial, the response was quite good, when the trial has conducted a percentage of 90.2% and very positive comments, students felt happy, motivated to learn, and did not feel bored when learning using this educational game multimedia. So that the results obtained that educational games multimedia are valid/feasible to use and make the learning process not boring, fun, and can motivate students.