SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SMA BERDASAR JENDER

HIDAYATI NURUL

Abstrak


RINGKASAN

Hidayati, N. 2019. Persepsi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru SMA Berdasar Jender. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: TPACK, jender, SOSHUM

Pada abad 21 guru perlu memahami dan memiliki pengetahuan dan keterampilan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). TPACK adalah kerangka kerja/kerangka teoritis untuk mendesain model pembelajaran dengan mengintegrasikan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Pengetahuan TPACK sangat dibutuhkan oleh guru SOSHUM untuk menciptakan pembelajaran yang cerdas dan kreatif, disebabkan bidang studi SOSHUM lebih menekankan pada aspek pengetahuan, fakta dan konsep-konsep yang bersifat hafalan. Dengan menguasai TPACK guru diharapkan mampu menyusun rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berperan aktif. Faktor jender mengenai persepsi TPACK guru SOSHUM perlu dianalisis. Jender diartikan sebagai perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan yang dapat dilihat dari segi nilai dan perilaku. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai TPACK yaitu: 1) mendeskripsikan persepsi TPACK Guru SOSHUM berdasarkan jender, 2) membuktikan apakah ada perbedaan persepsi mengenai TPACK guru SOSHUM berdasarkan jender. Penelitian ini menggunakan desain penelitian komparatif. Peneliti membandingkan dua kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibandingkan adalah guru laki-laki dan perempuan bidang studi SOSHUM setingkat SMA. Peneliti membandingkan persepsi TPACK yang dimiliki guru.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian yaitu:

1) nilai persepsi TPACK pada guru SOSHUM laki-laki setingkat SMA di Kota Malang lebih tinggi dibandingkan dengan guru perempuan,

2) tidak terdapat perbedaan persepsi berdasarkan jender di Content Knowledge, Pedagogical Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, Technological Content Knowledge,

3) ada perbedaan persepsi berdasarkan jender pada Technological Knowledge, Technological Pedagogical Knowledge, dan Technological Pedagogical Content Knowledge.

 

SUMMARY

Hidayati, N. 2019. Perception About Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Among High School Teachers Based on Their Gender. Sarjana’s Thesis. Department of Educational Technology. Faculty of Education. Universitas Negeri Malang.

Advisors:

(I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed.

(II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

Keywords: TPACK, gender, SOSHUM

In the 21st Century, the teachers need to have both understanding and knowledge about Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). TPACK is a theoretical framework to design a learning method with integrating three main-aspect; technology, pedagogy, and content. TPACK is essential for SOSHUM teacher in order to conduct smart and creative learning, it because of a SOSHUM learning emphasizes on aspects of knowledge, fact and memorize concepts. Teachers who master TPACK are expected to be able to arrange learning plan which is more interactive, inspiring, fun, challenging, and motivate students to be more active. In TPACK, the thing from SOSHUM teacher which needs to be analyzed is the gender. It is defined as the noticeably difference in case of values and behavior between men and women. This research aimed to describe a few things about TPACK, i.e. 1) to describe perception about TPACK of SOSHUM teachers based on their gender, 2) to prove the existence of the different perceptions about TPACK of SOSHUM teachers- based on their gender. This study used a comparative research design. The participant of the study were at high school level. There were 57 teachers involved in the study. The instruments used were questionnaire consisting of 37 item.

Based on the analysis of the data, the conclusions are:

1) male SOSHUM teachers at High School in Malang have higher values than female teachers have,

2) based on the gender, there is no different perceptions in Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK),

 3) based on the gender, there are differences perceptions in Technological Knowledge (TK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).