SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA WEBQUEST BUSINESS LIFE SKILL DAN ANALISIS SWOT PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

RISDIYANTO BAYU EKO

Abstrak


ABSTRAK

Risdiyanto, Bayu Eko. 2019. Pengembangan Media WebQuest Business Life Skills dan Analisis SWOT Mata Kuliah Kewirausahaan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Yerry Soepriyanto, S.T, M.T.,

(II) Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, WebQuest

Abad 21 adalah abad dimana masyarakat digital sudah terbentuk dan mengalami percepatan perubahan dalam ekonomi dan teknologi. Pengembangan teknologi pada era ini semakin cepat berakibat pada penumpukan data yang banyak di Internet. WebQuest adalah suatu pembelajaran berbasis web yang berorientasi Inquiry yang menggunakan website sebagai sumber belajar. Dalam mata kuliah kewirausahaan kurang tersedianya sumber belajar secara online yang disediakan oleh pembelajar. Pebelajar cenderung menyukai sumber belajar yang bersifat online dan bisa diakses kapan saja dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Dalam mengerjakan tugas pebelajar sering merujuk sumber di Internet atau website dari pada buku cetak. Untuk menunjang pembelajaran dan mengarahkan pebelajar dengan sumber informasi melalui Internet sehingga diperlukan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pebelajar yang menyukai aktivitas melalui Internet. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media WebQuest Business Life Skills dan Analisis SWOT Pada Mata Kuliah Kewirausahaan yang valid/layak dan efektif digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Web Base Instruktion Design dengan model pengembangan Web-Based Instructional Design dari DavidsonShivers and Rasmussen (2006). Dengan langkah-langkah yaitu

(1) Analysis Stage,

(2) Evaluation Planning,

(3) Concurrent Design.

Subyek peelitian ini adalah mahasiswa semester 4 di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dalam pelaksanaan validasi Ahli Materi dan Media menilai WebQuest Business life skills dan analisis SWOT pada mata kuliah kewirausahaan layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Materi dan Media adalah 98,75% dan 98,43%. Dalam uji coba dilapangan kelompok kecil dan besar memberikan hasil yang baik, dari 35 siswa diperoleh persentase keseluruhan jawaban audiens berjumlah 83% dan 77,93%. Sedangkan uji efektivitas yang dilakukan memiliki perbedaan yang signifikan karena Sig. (2-tailed) memiliki nilai 0,000 kurang dari 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ada perbedaan antara pretest dan posttest. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Media WebQuest business life skill dan analisis SWOT valid serta efektif untuk digunakan dalam mata kuliah Kewirausahan.

 

ABSTRACT

Risdiyanto, Bayu Eko. 2019. WebQuest Media Development Business Life Skills and SWOT Analysis in Entrepreneurship Courses. Thesis, Education Technology Department, Faculty of Education, State University of Malang.

Advisor:

(I) Yerry Soepriyanto, S.T, M.T., (

II) Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom.

 

Keywords: Development, instructional Media, WebQuest

The 21st century is the century in which digital societies have formed and experienced accelerated changes in economics and technology. Technology development in this era is increasingly fast resulting in a lot of data accumulation on the Internet. WebQuest is an Inquiry-oriented web-based learning model that uses websites as a learning resource. In entrepreneurship courses there is less available online learning resources provided by learners. Students tend to like learning resources that are online and can be accessed at any time in completing a given task. In working on assignments students often refer to sources on the Internet or websites rather than printed books. To support learning and directing students with information sources through the Internet, media and learning models are needed that are in accordance with the characteristics of students who like activities through the Internet. This development aims to produce media WebQuest Business Life Skills and SWOT Analysis in Entrepreneurship Courses that are valid / effective and effective to use. This research uses Research and Development methods Web Bas Innstruktion Design with a model of Web-Based Instructional

Design development. With steps namely

(1) Analysis Stage,

(2) Evaluation Planning,

(3) Concurrent Design.

 

The subjects of this study were 4th semester students in the Department of Educational Technology, State University of Malang. In the implementation of the material and media expert validation, assessing WebQuest Business life skills and SWOT analysis on entrepreneurship courses are appropriate for use in learning. The percentage of the questionnaire validation of Material and Media Experts is 98.75% and 98.43%. In trials in the field small and large groups provide good results, from 35 students obtained the percentage of the overall answer of the audience amounted to 83% and 77.93%. While the effectiveness test carried out has a significant difference because of Sig. (2-tailed) has a value of 0,000 less than 0.05. So that it can be concluded there are differences between the pretest and posttest. From the description above it can be concluded that Media WebQuest business life skills and SWOT analysis are valid and effective to be used in Entrepreneurship courses.