SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh media screencast dos command terhadap hasil belajar sopa mahasiswa tep universitas negeri malang angkatan 2017

BANUROHMAN MUHAMMAD

Abstrak


ABSTRAK

Banurohman, Muhammad. 2019. Pengaruh media screencast dos command terhadap hasil belajar sopa mahasiswa tep universitas negeri malang angkatan 2017. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I) Dr. Sulthoni, M.Pd.

(II) Dr. Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Screencast, SOPA

Berdasarkan observasi yang dilakukan di jurusan TEP angkatan 2017, pembelajaran (Sistem Operasi Program Aplikasi) SOPA belum berjalan maksimal karena proses pembelajaran bersifat mengikat dan tidak memberikan kebebasan pada mahasiswa dalam belajar sehingga mahasiswa merasa bosan mengikuti pembelajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam belajar karena materi hanya berasal dari penjelasan dosen. Penyampaian materi secara berlanjut pada setiap pertemuan, membuat mahasiswa yang belum memahami materi dipertemuan pertama menjadi tertinggal dan mengakibatkan hasil belajar tidak maksimal saat diadakan tes.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, hasil penelitian pengembangan media screencast dos command yang diujikan pada mahasiswa Teknologi Pendidikan menunjukkan bahwa media screencast dos command layak digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu untuk meyakinkan hasil uji validitas media screencast dos command maka dilakukan penlitian lanjutan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media screencast dos command tersebut. Pengaruh dapat diketahui dari hasil evaluasi berupa perolehan skor perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian posstest only control design. Peneliti membandingkan hasil belajar dari dua kelompok yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa TEP angkatan 2017. Sedangkan kelompok yang dibandingkan adalah kelompok eksperimen  (Tep offering A) dan kelompok kontrol (Tep offering B).

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menggunakan uji independent sample test, nilai Persis sig. (2-tailed) 0,000