SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Obyek Tiga Dimensi Digital Sel Hewan Dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram Untuk Mts

ARIFUDIN AKHMAD

Abstrak


RINGKASAN

Arifudin, Akhmad. 2019. Pengembangan Media Obyek Tiga Dimensi Digital Sel Hewan Dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram Untuk Mts. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd,

(II) Dr. Yerry Soepriyanto, S.T, M.T

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Obyek Tiga Dimensi Digital, Piramida Hologram.

Media Obyek Tiga Dimensi Digital yang memanfatkan piramida hologram merupakan alat yang digunakan sebagai penyampai/berisikan informasi berupa bentuk digital. Dalam penggunaanya terkadang media yang dibawa ke kelas memiliki beberapa kendala berhubungan dengan besar kecilnya ukuran dimensi, berbahaya, dan kendala lainnya. Tujuan dari pengembangan ini untuk mengembangkan media obyek tiga dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram. Media obyek tiga dimensi digital ini dirasa bisa menjadi solusi untuk kendala membawa media ke dalam kelas. Selain itu, obyek tiga dimensi digital ini mempunyai keistimewaan yaitu dapat dilihat dari berbagai arah agar pebelajar mendapat pengalaman secara langsung dalam proses belajar di kelas.

Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design. Model pengembangan yang bersifat prosedur dan terperinci dalam setiap langkahnya. Dalam model ini ada enam langkah yang harus dilakukan dalam mengembangkan produk yaitu

(1) asesmen kebutuhan,

(2) analisi awal-akhir,

(3) desain,

(4) pengembangan,

(5) implementasi dan

(6) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 di MTs Raudlatul Ulum Karangploso.

Dalam validasi Ahli materi memperoleh hasil 81,5% dan termasuk kategori valid serta untuk uji ahli media mendapatkan hasil yang memuaskan dengan nilai 95,5% kategori valid dan layak digunakan. Tahap berikutnya yang telah dilaksanakan yaitu uji coba individu memperoleh hasil 87,1% termasuk kategori valid dan layak digunakan, selanjutnya dilaksanakan uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 86% termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan, kemudian dilaksanakan uji coba kelompok besar dengan media obyek tiga dimensi digital sel hewan dan tumbuhan memanfaatkan piramida hologram memperoleh hasil 85% dan dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Media obyek tiga dimensi digital sel hewan dan tumbuhan yang memanfaatkan piramida hologram merupakan salah satu solusi untuk mempermudah kendala membawa media ke dalam kelas. Oleh karena itu, media obyek tiga dimensi digital yang memanfaatkan piramida hologram ini ada potensi digunakan di dalam kelas untuk melengkapi guru dalam mengajar atau sebagai media pembelajaran dikelas.