SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Video Pembelajaran Pada Model Pembelajaran Terbalik Secara Self-Concept Untuk SMP Negeri 4 Malang

AYUNINGTYAS ALVIO ONI

Abstrak


RINGKASAN

Ayuningtyas, A. O. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Memfasilitasi Model Pembelajaran Terbalik Secara Self-Concept di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dra. Susilaningsih, M.Pd.,

(II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd.

 

Kata Kunci: Learner’s characteristic, Self-concept, video pembelajaran

Penelitian ini mengkonstruksi pembelajaran terbalik agar pebelajar memiliki Learner’s characteristic berkehendak dan terampil dalam berkolaborasi sebagai wujud Self-concept dan kebutuhan pengembangan diri siswa menghadapi era keilmuan. Model Konstruksi Pedagogi Terbalik merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar melalui ekplorasi material pembelajaran baik secara on-line maupun off-line sebelum pertemuan substansi di kelas. Fokus penelitian ini mengkonstruksi pembelajaran terbalik agar pebelajar memiliki Learner’s characteristic dalam berkehendak dan terampil untuk berkolaborasi sebagai wujud Self-concept dan kebutuhan pengembangan diri siswa menghadapi era industri 4.0. Model Konstruksi Pedagogi Terbalik adalah model yang mengarahkan siswa belajar melalui ekplorasi material pembelajaran baik secara online maupun off-line sebelum pertemuan substansi di kelas. Model pedagogi terbalik akan memberikan kontribusi keilmuan hingga wujud kongkrit pengembangan karakter pebelajar yang dapat dipertanggungjawabkan secara empiris. Video pembelajaran salah satu media yang dapat memfasilitasi model pembelajaran terbalik. Dalam penerepanya Ahli Materi dan Media menilai Video Pembelajaran Seni Musik Ansambel layak digunakan dalam pembelajaran. Nilai rata-rata ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran adalah 3,64, 3,96 dan 3,7 dari rata-rata nilai skala 4. Uji coba Video Pembelajaran memberikan hasil yang cukup baik, dari 28 siswa diperoleh rata-rata keseluruhan jawaban audiens berjumlah 3,6 dari skala 4,00. Sehingga diperoleh hasil bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan.

 

SUMMARY

Ayuningtyas, A. O. 2019. Development of Video Learning to Facilitate Self-Concept Flipped Learning Models in Junior High School 4 Malang. Thesis, Education Technology Department, Faculty of Education, State University of Malang.

Advisor:

(I) Dra. Susilaningsih, M.Pd.,

(II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd.

 

Keywords: Learner's characteristic, Self-concept, learning video

 

This study constructs the reverse learning so that students have Learner characteristics who are willing and skilled in collaborating as a form of Self-concept and self-development needs of students facing the scientific era. The Inverted Pedagogy Construction Model is a learning model where students learn through exploration of learning material both on-line and off-line before substance meetings in class. The focus of this study constructs reverse learning so that students have Learner characteristic in willing and skilled to collaborate as a form of Self-concept and selfdevelopment needs of students facing the industrial era 4.0. The Construction Model of Reverse Pedagogy is a model that directs students to learn through exploration of learning materials both on-line and off-line before substance meetings in the class. The reverse pedagogy model will provide scientific contributions to the concrete form of student character development that can be empirically accountable. Learning videos are one of the media that can facilitate reverse learning models. In its presentation, Material and Media Experts assess Music Art Learning Videos The ensemble is suitable for use in learning. The average value of material experts, media experts and learning design experts is 3.64, 3.96 and 3.7 from the average scale value 4. Trials of Learning Videos provide quite good results, from 28 students obtained on average the overall answer of the audience is 3.6 on a scale of 4.00. So that the results obtained that the learning video is feasible to use.