SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL TOPOLOGI JARINGAN UNTUK SMK KELAS X TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN

Anas Muchammad Azwar

Abstrak


RINGKASAN

Anas, Muchammad Azwar. 2019. Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

(II) Dra. Susilaningsih, M.Pd.

 

Kata Kunci: multimedia, tutorial, topologi jaringan

Perkembangan teknologi pada abad 21 ini yang semakin pesat. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi penggunaan berbagai jenis media, sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang didesain untuk menjawab tantangan zaman. Pada pelaksanaannya masih ada sekolah yang belum mampu menerapkan kurikulum tersebut secara optimal. Kurangnya media pembelajaran berbasis komputer adalah salah satu penyebabnya. Ketersediaan fasilitas komputer pada laboratorium seharusnya dapat dimanfaatkan agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan untuk kelas X Teknik Komputer dan Jaringan yang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Multimedia Based Instructional Design. Setelah mengembangkan produk, akan dilaksanakan uji validasi dan uji coba multimedia tutorial. Uji validasi dilaksanakan oleh satu orang Ahli Materi dan satu orang Ahli Media, kemudian setelah mendapatkan perbaikan multimedia akan diuji coba pada 36 siswa kelas X-Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Nasional Malang.

Uji coba kepada audiens/siswa dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:

(1) uji coba individu,

(2) uji coba kelompok kecil,

(3) uji coba lapangan.

Dalam pelaksanaan validasi Ahli Materi dan Media menilai Multimedia Tutorial Topologi Jaringan layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase nilai angket validasi Ahli Materi dan Media adalah 89% dan 98%. Dalam uji coba Multimedia Tutorial Topologi Jaringan memberikan hasil yang cukup baik, saat pelaksanaan uji coba individu diperoleh persentase sebesar 80,8%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80,6% dan pada uji coba lapangan sebesar 79,51%. Sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia tutorial valid/layak untuk digunakan.

 

SUMMARY

Anas, Muchammad Azwar. 2019. The Development of Multimedia Tutorial for network topology at X grade Computer and Network Engineering. Essay, Educational Technology Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang.

Mentor:

(I) Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.,

(II) Dra. Susilaningsih, M.Pd.

 

Keywords: multimedia, tutorial, network topology

Technological developments in the 21st century are increasingly rapid. Technological progress is something that cannot be avoided. The development of information technology has influenced the use of various types of media, as a tool in the learning process. 2013 curriculum is a curriculum designed to answer the challenges of the times. In its implementation, there are schools that have not been able to implement the curriculum optimally. The lack of computer-based learning media is one of the causes. Availability of computer facilities in the laboratory must be utilized so that learning is more optimal. This study aims to produce Multimedia Network Topology Tutorials for class X Computer and Network Engineering that are valid/feasible to be used as learning media. This research uses the Research and Development method with a Multimedia Based Learning Design development model. After developing the product, validation tests and multimedia tutorial trials will be carried out. Validation tests were carried out by one Material Expert and one Media Expert, then after getting multimedia repairs will be tested on 36 students of class X - Computer and Network Engineering at National Vocational School Malang.

Trials to the audience / students are carried out in three stages, namely:

(1) individual trials,

(2) small group trials,

(3) field trials. In the validation,

Material and Media Experts assess Multimedia Network Topology Tutorials are feasible for use in learning. The percentage of the questionnaire validation of the Material and Media Experts is 89% and 98%. In the Multimedia trial the Network Topology Tutorial gave quite good results, when the individual trials were carried out a percentage of 80.8%, while in the small group trials a percentage of 80.6% was obtained and in the field trials it was 79.51%. So that the results of the multimedia tutorial are valid/feasible to use.